Tips Berkendara di Saat Hujan, Bisa Gunakan Helm Sport Ala Pembalap

JAKARTA, VIVA – Memasuki musim hujan menjadi tantangan bagi pengendara sepeda motor. Kondisi jalan yang licin, jarak pandang yang terbatas, dan meningkatnya risiko kecelakaan membuat berkendara di tengah hujan deras memerlukan kehati-hatian ekstra.

Dengan menggunakan helm sport ala pembalap dan tips di bawah ini, Anda bisa berkendara dengan aman saat hujan.

Berdasarkan data yang dilansir BMKG Indonesia, curah hujan diperkirakan berada pada kisaran rendah-sedang yaitu 0-150 mm/hari. Curah hujan rendah (<50 mm/hari) diperkirakan akan terjadi

Seiring dengan tantangan tersebut, sering kali kita menjumpai pengendara yang sama sekali tidak peduli terhadap kendaraan dan keselamatannya.

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan mereka tentang keselamatan berkendara, khususnya pengoperasian peralatan untuk mengurangi cedera akibat tabrakan atau kejadian tak terduga saat berkendara.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mulai berkendara di tengah hujan

1. Periksa kondisi sepeda motor sebelum dikendarai

Selalu periksa kondisi sepeda motor sebelum dikendarai, terutama komponen-komponen yang berperan penting dalam keselamatan di jalan basah.

– Periksa ban: Pastikan tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dan periksa juga keausan ban. Ban yang lebih tipis akan kehilangan traksi sehingga memudahkan sepeda motor meluncur di jalan licin. – Rem: Periksa kondisi rem depan dan belakang, karena jarak pengereman dapat ditingkatkan di jalan basah. – Lampu dan Lampu Sein: Hujan dapat mengurangi jarak pandang bagi pengemudi lain. Pastikan semua lampu, termasuk lampu depan, lampu rem, dan lampu sein, berfungsi dengan baik untuk memberikan sinyal yang jelas kepada pengguna jalan lainnya.

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang tepat

Saat hujan, perlengkapan berkendara yang tepat tidak hanya meningkatkan kenyamanan tetapi juga berperan penting dalam keselamatan. Memilih perlengkapan yang tepat akan mencegah Anda basah dan memberikan visibilitas yang lebih baik di jalan

– Helm yang Tepat Tidak hanya sebagai aksesoris, peran helm sangat penting karena helm melindungi bagian penting tubuh yaitu. kepala Prioritas kami sebagai pengendara adalah memilih helm yang memenuhi standar dan memiliki fitur keselamatan tinggi

Nolan merupakan salah satu helm dengan kualitas, desain, dan fitur keselamatan yang sempurna untuk berkendara di Indonesia. -120-1

Semua tipe Nolan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), dan juga memenuhi ECE 22.06 yang dikeluarkan oleh Eropa.

Bagi yang menginginkan tampilan khas sport racer, tersedia varian Nolan X-804 Ultra Carbon dan Nolan N60-6 Sport, khususnya X-804 Ultra Carbon dengan desain yang lebih ringan dan agresif.

Sementara bagi pengendara yang berjiwa petualang, varian N120-1 sangat ideal, didukung dengan flip-back pertama dalam sejarah Nolan, hasil investasi penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun. Sublimasi teknologi dan inovasi Nolan berdasarkan Brembette de Sopra.

N120-1 secara sempurna menggabungkan esensi olahraga dan perjalanan, mewarisi solusi teknis dari helm modular kelas atas Nolan. Rotasi unik pelindung dagu ke belakang dimungkinkan melalui mekanisme pin yang meningkatkan keandalannya. Dari perlindungan penuh hingga tampilan terbuka, rasakan kebebasan membalik tanpa mengorbankan performa

– Sepatu tahan air : Gunakan sepatu yang dapat melindungi kaki dari air agar tidak basah, dan juga melindungi dari kondisi dingin dan licin. – Sarung tangan: Sarung tangan tahan air dapat memberikan cengkeraman yang baik pada setang, sekaligus menjaga tangan Anda tetap hangat.

3. Berkendara dengan kecepatan aman

Kesalahan umum saat berkendara di musim hujan adalah tidak menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan. Jalan yang licin memerlukan kehati-hatian ekstra, terutama saat mengerem atau menikung.

– Kurangi kecepatan: Berkendara terlalu cepat di jalan licin meningkatkan risiko tergelincir Kurangi kecepatan dan sesuaikan dengan kondisi lalu lintas dan permukaan jalan – Jaga jarak aman: Saat hujan, jarak pengereman akan lebih panjang karena daya cengkeram ban terhadap aspal berkurang. berkurang. Jaga jarak yang cukup dari kendaraan di depan Anda untuk memberikan waktu yang cukup untuk berhenti jika diperlukan – Hindari gerakan mendadak: Hindari pengereman atau manuver mendadak yang dapat menyebabkan sepeda motor kehilangan keseimbangan.

4. Hindari jalan licin dan berbahaya

Permukaan jalan bisa sangat berbahaya saat hujan. Beberapa area seperti marka jalan, jembatan besi atau jalan berlumpur sangat licin sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

– Waspadai genangan air: Hindari mengendarai sepeda motor di genangan air yang dalam karena selain berisiko terjadinya aquaplaning (ban terapung di air), genangan air tersebut juga dapat menyembunyikan lubang atau hambatan jalan. – Hindari marka jalan dan rel: Marka jalan dan rel kereta api yang dicat sangat licin saat basah. Cobalah untuk mengatasinya, atau jika harus, lakukan dengan hati-hati dan perlahan

5. Gunakan teknik pengereman yang benar

Pengereman yang benar adalah kunci keselamatan di jalan basah. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah pengereman perlahan dan bertahap, bukan pengereman mendadak

– Gunakan rem depan dan belakang: Pastikan Anda menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan tekanan yang sama. Mengandalkan satu rem saja, apalagi rem depan, bisa mengakibatkan selip – Antisipasi pengereman awal: Jangan menunggu terlalu lama di dekat benda atau kendaraan lain untuk mulai melakukan pengereman. Kaji situasinya dengan cepat agar ada waktu yang cukup untuk pengereman yang tepat

6. Perhatikan visibilitas

Jarak pandang adalah tantangan terbesar saat berkendara di musim hujan Kabut, hujan lebat, dan kabut pada kaca helm dapat mengurangi jarak pandang Anda di jalan raya, selalu nyalakan lampu depan.

Mengendarai sepeda motor pada musim hujan memerlukan kehati-hatian yang ekstrim, menjaga posisi sepeda motor dengan perlengkapan yang baik terutama perlengkapan penting seperti helm,

Helm memberikan perlindungan dasar bagi pengendaranya, mulai dari melindungi kepala dari cedera serius, melindungi wajah dari debu dan serangga, hingga jarak pandang dan kenyamanan berkendara. Jadi, pastikan untuk selalu memakai helm yang memenuhi standar keselamatan setiap kali Anda berkendara, baik perjalanan jauh maupun pendek.

Program kontes menarik untuk pengguna Nolan

Sebagai distributor eksklusif Nolan di Indonesia, PT. Bagi pengguna helm Nolan Rp 50.000.000, acara ini bertujuan sebagai ajang kompetisi kreativitas dan kebebasan berekspresi bagi bikers pengguna helm Nolan.

Acara tersebut bertajuk “Kompetisi Sejuta Kreatif” yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 22 September 2024.

Prosedurnya sebagai berikut: ● Peserta harus membuat konten video di IG Reels dengan menggunakan helm Nolan. . Video kreatif berdurasi maksimal 90 detik (tidak mengandung SARA, mengutamakan kecabulan dan keselamatan serta harus menjaga nama baik Nolan) ● Hashtag #NolanHelmet, #Nolan, #Tetapuntuknolan dan #miscues #NolanIndonesia #Nolanlover ● Kriteria review : kreativitas, kualitas video , tema dan pesan disediakan Informasi perlu ditambahkan di video, Nolan punya produk baru X804, N 60-6 Sport dan N 120-1 (contoh video ada di Instagram @nolan. Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *