Cabor Anggar PON 2024 Dimulai, 220 Atlet Bersaing Demi Kejayaan

Anggar VIVA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dimulai pada 11 September 2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa Longria Banda Aceh.

Pertandingan Anggar dibuka resmi oleh Ketua Pengurus Persatuan Anggar Seluruh Indonesia (PBASI) Agus Supermento.  

Turut hadir pula TD PON XXI Anggar Aceh-Sumut Hans Nayoan, Ketua KONI Aceh Qamaruddin Abu Bakar, Ketua Umum Pengprov ASI Provinsi Aceh Nasir Shamon dan sejumlah pengurus IKA.  

Agus Suparmanto usai membuka resmi cabang olahraga anggar kepada media mengatakan, PON bersama Aceh dan Sumut berharap memiliki kekuatan untuk mencari atlet-atlet berbakat yang mampu bersaing di level internasional.

“PON 2024 di Aceh dan Sumut akan menjadi pilihan bagi atlet-atlet terbaik untuk mempersiapkan diri dan melanjutkan kompetisi internasional. Ya, semoga PON ini sangat istimewa karena baru pertama kali di Aceh dan saya juga melihat kalibernya. dan antusiasme para pemain ini tinggi dan motivasi yang kami berikan juga tinggi,” kata Agus.

Agus juga menilai lokasi Kompleks GOR Ungar di Stadion Harapan Bangsa Longria Banda Aceh sangat bagus dan sudah mencapai standar internasional. 

“Saya lihat tempatnya sangat bagus dan saya berharap ada bar seperti ini di Indonesia, di setiap provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemain anggar Jawa Tengah, Witson Bastian Kisuma Negara menyatakan kesiapannya berlaga di ajang PON Aceh-Sumut.

“Ini PON pertama saya, tujuan kami menjadi yang terbaik,” kata Whitson yang berlaga di EP individu putra.

Persiapan pemain anggar Jateng sudah dimulai jauh sebelum PON Aceh-Sumut. Dikatakannya, persiapan kita sudah lama selesai, mungkin Maret-September di Malaysia hingga TC Luar Negeri, persiapannya sangat terbatas.

“Dan mungkin pemain-pemain senior akan kami panggil untuk melakukan latihan tambahan. Jadi persiapan para bar Jateng sangat baik dan kita berharap bisa mendapatkan hasil yang baik di PON kali ini,” ujarnya.

Ketua Panitia Anggar PON Aceh-Sumut, Zulfiqar dalam laporannya merinci, Pertandingan Anggar PON XXI Aceh-Sumut akan dimulai pada 11 hingga 16 September 2024. 

Ada 12 nomor yang dipertandingkan pada ajang ini, diantaranya tunggal putra/pemimpin, tunggal putra/putra, pedang tunggal putra/putri, tunggal putra/putri, beregu putra/putri, dan beregu putri Sabil.

Pada kompetisi PON Aceh-Sumut, 26 tim akan memperebutkan medali dalam 12 pertandingan, dengan peserta 220 pemain termasuk 113 pemain putra dan 107 putri.  

Ke-26 tim yang mengikuti lomba anggar tersebut antara lain Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Kalbar, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Bali, NTB dan Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *