Closing Ceremony PON 2024 di Sumut Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

Delhi Serdang, VIVA – Ditlantas Polda Sumut dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut mengoordinasikan penerapan manajemen rekayasa lalu lintas pada acara puncak penutupan PON XXI 2024, Aceh -Sumut.

Upacara penutupan PON 2024 akan berlangsung di Stadion Utama GOR Sumut, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, di kemudian hari dan diperkirakan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Segala persiapan dilakukan Panitia Besar (PB) PON 2024 wilayah Sumut. 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Polda Sumut Agustinus mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Daerah Polda Sumut dan berbagai instansi terkait yang juga melakukan penyelidikan lapangan. Pertemuan di Kabupaten Delhi Serdang pada Rabu 11 September 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempersiapkan pengelolaan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan dan mengatur pergerakan kendaraan di kawasan sekitar Stadion Main Sport Center, Delhi Serdang.

Dipimpin Kompol Ditlantas Polda Sumut Muji Ediyanto, pertemuan tersebut dihadiri beberapa perwakilan instansi, antara lain Kepala Dishub Sumut Agustinus Panjaitan, Kepala Dishub Sumut, dan Kepala Dishub Sumut. Penataan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Sumut Mulyono, Satpol PP Sumut dan pengembang PT Adhi Karya. 

“Semua pihak sepakat untuk bekerja sama mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan lalu lintas pada akhir acara yang berlangsung di Stadion GOR Utama Provinsi,” kata Agustinus, Kamis, 12 September 2024.

Agustinus mengungkapkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar pelaksanaan rekayasa lalu lintas berjalan lancar. 

“Stiker VIP tetap kami buat untuk kontingen dan mobil tamu. Semua itu demi kelancaran acara PON dan kenyamanan para peserta,” kata Agustinus.

Survei lapangan ini juga mencakup pengecekan tempat parkir, serta akses jalan utama yang akan digunakan selama penutupan, serta pintu-pintu pengunjung agar tidak terjadi kepadatan. 

Melalui upaya koordinasi dan pengelolaan rekayasa lalu lintas ini, diharapkan penutupan PON XXI 2024 Aceh-Sumut di GOR Deli Serdang dapat berjalan lancar, aman dan tanpa hambatan berarti di lapangan, jelasnya. Agustinus. 

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Lalu Lintas Sumut, Muji Ediyanto menjelaskan, pengamanan akan dibagi menjadi tiga ring yang bertujuan untuk mengatur arus kendaraan di lokasi acara. 

“Kami akan menerapkan sistem pengamanan tiga ring dan hanya kendaraan dengan stiker khusus yang boleh masuk ke area acara utama. Hal ini penting untuk menghindari kemacetan karena diperkirakan banyaknya pengunjung yang hadir,” kata Muji.

Lebih lanjut, sebagai penutup PON XXI, tim Event Organizer (EO) juga menjelaskan konsep acara yang dimulai dari siang hingga malam hari. Acara ini akan diisi dengan tarian, kembang api, dan sesi VIP dengan tamu-tamu penting. Namun PT Adhi Karya memastikan aktivitas alat berat di area stadion akan dihentikan pada hari penutupan agar tidak mengganggu jalannya acara.

Usai pertemuan berakhir, seluruh peserta turun ke lapangan untuk meninjau lokasi stadion utama GOR untuk memetakan titik parkir dan jalur yang digunakan untuk mengatur arus kendaraan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *