Punya Banyak Uang, Bos F1 Konfirmasi Lewis Hamilton Siap Beli Tim MotoGP

VIVA – Kabar ketertarikan Lewis Hamilton membeli tim MotoGP sudah menjadi perbincangan selama berbulan-bulan. Kini bos Forumla 1 telah mengkonfirmasi rencana agen kaya tersebut.

Free Press Greg Maffei yang merupakan penyelenggara Formula 1 menjelaskan, ada banyak alasan Lewin Hamilton tertarik berlaga di ajang King’s Racing selain fokus menjadi pembalap.

“Karena mereka melihat apa yang terjadi di Formula 1 dan ingin mengikutinya. Ketika kami mengumumkan (akuisisi MotoGP) itu adalah contoh yang bagus,” kata Gregg pada Jumat 13 September 2024, mengutip Motorsport.

MotoGP 2024 akan menampilkan 22 pebalap yang terbagi dalam tim pabrikan dan satelit dengan menggunakan motor berbeda yakni Ducati Desmosedici, KTM RC16, Aprilia RS-GP, Honda RC213V, dan Yamaha YZR-M1.

Artinya, hanya ada lima merek yang bersaing di ajang balap, dengan Ducati menjadi pabrikan dengan tim satelit terbanyak, yakni Gresini Racing, Pertamina Enduro VR46 Racing, dan Pramac Racing.

Namun Pramac Racing akan menjadi tim satelit Yamaha mulai musim depan. Sementara Honda punya dua tim satelit dengan sponsor berbeda, LCR Honda Idemitsu dan LCR Honda Castrol, kemudian KTM punya Gasgas Tech3, dan Aprilia punya Trackhouse Racing.

Sejak ajang Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP diambil alih oleh Liberty Media yang biasa menyelenggarakan F1, banyak kejutan baru yang terjadi, pertama perubahan aturan tim satelit, regulasi spesifikasi motor, dan keterbukaan pembalap F1 untuk ikut serta. sebuah tim yang tertarik dengan MotoGP.

“Kami langsung mendapat telepon dari orang-orang yang mengatakan ‘Saya ingin membeli tim’, termasuk orang-orang seperti Lewis Hamilton,” kata Greg.

Lewis Hamilton adalah salah satu pembalap F1 terkaya. Menurut Celebrity Net Worth Report, kekayaannya mencapai US$300 juta pada tahun lalu atau setara Rp4,9 triliun. Sementara itu, Forbes mencatat Lewis Hamilton masuk dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi dunia 2023, dengan gajinya pada F1 musim 2023 bersama Mercedes-AMG Petronas dipatok mencapai US$55 juta atau Rp900 miliar.

Sebelumnya diberitakan, juara F1 tujuh kali itu ingin membeli Gresini Racing usai balapan MotoGP Belanda di sirkuit Assen TT, lapor The Race.

Dijelaskan, Lewis Hamilton sudah menyatakan ketertarikannya untuk membeli tim yang saat ini dibela Marc Marquez dan Alex Marquez. Salah satu orang kepercayaannya sempat berbincang dengan Nadia Padovani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *