Wow… Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

VIVA – Ada satu hal yang menjadi perhatian VIVA Militer dalam mutasi dan penggantian 130 perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia yang surat keputusannya baru saja dikeluarkan Panglima TNI.

Dalam (SK) Nomor Pesanan. Kep/1080/IX/2024 tanggal 11 September 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Tentara Nasional Indonesia, Panglima TNI memutuskan untuk mengganti Panglima Tentara Distrik (Persiapan) XV/Pattimura, dari Mayor Jenderal TNI Syafrial menjadi Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo.

 

Oleh karena itu, Mayjen TNI Syafrial memutuskan untuk kembali ke lembaga tempat ia dilahirkan, yaitu Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Lulusan Akademi Militer tahun 1990 ini dikirim ke Kostrad menggantikan Mayjen TNI Ilyas Alamsyah yang dikirim ke Mabes untuk bekerja sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat.

Kostrad nantinya, Mayjen TNI Syafrial akan mengisi posisi kedua komando baret hijau, menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad alias Kaskostrad.

Bagi Mayjen TNI Syafrial, jabatan tersebut sama sekali bukan jabatan baru, sebab pada Maret 2023 lalu, ia juga mengambil alih jabatan Kaskostrad menggantikan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang dimutasi ke Mabes TNI untuk bekerja sebagai Asisten Operasi. kepada Panglima TNI.

Yang menarik dari May. Jenderal. TNI Syafrial akan kembali menduduki kursi Kaskotrad agar tahun ini terjadi perubahan keadaan yang cepat lho. Tahun ini, empat Panglima TNI dikabarkan bergantian mengisi jabatan Kaskostrad, dan ini menjadi rekor baru sejak jabatan Kaskostrad pertama kali ada pada tahun 1961.

Ketika dia menggantikan Mayor. Jenderal. TNI M Nur Rahmad, Mayjen. Jenderal. TNI Syafrial menjabat Kaskostrad hingga 15 Agustus 2023 saja, jabatan tersebut ditinggalkannya karena pindah ke Maluku menjadi Pangdam Pattimura.

Jabatan Kaskostrad diisi oleh Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang baru saja dicopot dari jabatan Pa Sahli Tk. III Kepala Departemen Hak Asasi Manusia dan Narkoba di Sosbudkum.

 

Baru empat bulan menjabat, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa diketahui harus meninggalkan jabatan Kaskostrad karena diberi tugas besar menjabat Pangkostrad digantikan oleh Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang dipromosikan menjadi -Kepala Staf Angkatan Darat. .

Dan jabatan Kaskostrad dilimpahkan kepada Mayjen TNI Farid Makruf. Namun mantan Pangdam Brawijaya ini sudah lama tidak menjabat sebagai Kaskostrad, pada Maret 2024 ia menyerahkan jabatan tersebut kepada Mayjen. Jenderal. TNI Ilyas Alamsyah Harahap yang baru saja keluar dari Kodam Kasuari.

Kemudian kemarin dalam UU Panglima TNI tertulis Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap diganti dan jabatan Kaskostrad jatuh ke tangan Mayjen TNI Syafrial.

Faktanya, tidak ada aturan yang mengatur waktu atau lamanya seseorang bekerja sebagai Kaskostrad. Sebab, pengangkatan Patriark pada jabatan tersebut merupakan kebijakan Panglima TNI untuk disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.

Ikuti selalu dan update informasi seputar dunia militer Indonesia dan dunia militer yang paling anda inginkan… Yang anda tahu kami selalu memberikan informasi yang akurat, menarik dan beragam serta media lainnya. Jangan lupa follow akun Instagram VIVA Army.

Baca: Terapung di Perairan Indonesia Selama 4 Hari, Houseboat Seberat 3000 Ton Akhirnya Sampai di Laut Lepas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *