Tantangan Bangun Mushola di Pedalaman Papua

VIVA, Papua – Pada Jumat, 29 Maret 2024, di Mappi Senggo, Distrik Citak Mitak, Papua Selatan, Yayasan Ada Orang Baik telah menyelesaikan pembangunan Mushola Nurul Huda dengan jamaah di musalanya.

Program pembangunan musala ini akan berlangsung selama dua tahun, terhitung akhir tahun 2022 hingga November 2023, dan akan selesai serta siap digunakan pada bulan April 2024.

Rencana awalnya Ardian Kurniawan Santoso, relawan Yayasan Ada Orang Baik, akan meninjau langsung lokasi di Tembraw, Sorong, barat daya Papua.

Sayangnya, konstruksi tidak berjalan dengan baik karena akses jalan yang buruk, sehingga material konstruksi tidak dapat mencapai lokasi yang direncanakan dan jalan tersebut tidak dapat digunakan untuk mengangkut material konstruksi selama hampir dua tahun.

“Akses sangat sulit selama dua tahun terakhir, sehingga kami memutuskan untuk pindah,” kata Ardian. Kami menemukan lokasi baru di Sengo, Kabupaten Mappi, Distrik Citak Mitak, Papua Selatan.

“Tetapi bukan berarti perjalanan ke sana akan berjalan mulus. Masih ada kendala internal,” imbuhnya. “Alhamdulillah dengan segala upaya yang kami lakukan akhirnya berhasil memulai pembangunan musala, khususnya. dalam menyediakan air bersih.”

Jemaah Masjid Nurul Huda mayoritas masuk Islam dan menjadi warga daerah (Sengo) setelah sebelumnya diusir dari daerah lain.

“Kami terpaksa mengungsi ke sini untuk bertahan hidup dan mencoba membangun desa kami sendiri. Dan kita harus punya tempat salat agar anak-anak kita bisa membaca Alquran,” kata Imam Masjid Nurul Huda kepada Ardian.

“Umat Islam merasakan sakit di sekujur tubuhnya, seperti bagian tubuhnya, seperti kaki atau lengan. “Itu menyulitkan kita semua untuk membantu,” tambahnya.

Musholla ini kemudian digunakan di Sengo sebagai pusat ibadah, pendidikan karakter anak dan kegiatan masyarakat lainnya.

Selain membangun rumah doa ini, Good People Foundation juga menjalankan program sosial lainnya yang bertujuan untuk menyalurkan kebaikan kepada semua yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *