Anggaran Peparnas Belum Jelas, NPC Indonesia Lapor Presiden Jokowi

Solo, VIVA – Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menggelar Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024. Padahal, tiga pekan menjelang dimulainya pesta olahraga nasional, jumlah atlet penyandang disabilitas sudah mencapai 80%. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia pun menyampaikan laporan kebutuhan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Seperti diketahui, persiapan menggelar Peparnas XVII di Kota Solo cukup ketat, sebab sebelumnya pesta olahraga atlet disabilitas akan digelar di Medan, Sumut usai PON XXI. Peparnas yang berpusat di Solo dan sekitarnya akan mempertandingkan 20 cabang olahraga dan membuka lebih dari 700 pertandingan.

Ketua Peparnas XVII, D.B. Susanto, pastikan semua persiapan berjalan sesuai rencana.  Serta kegiatan penunjang pelaksanaan Peparnas mulai dari arena hingga kompetisi. “PB Peparnas XVII sudah melakukan kegiatan persiapan dan hampir selesai 80 persen,” kata D.B. Susanto di kantor NPC Indonesia, Solo, Jumat 13 September 2024.

Jadi, satu hal yang masih menunggu PB Peparnas XVII adalah terkait besaran dana anggaran dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas. Meski anggaran belum dibayarkan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat PB Peparnas untuk mematangkan kesiapannya menggelar pesta olahraga tersebut.

“Kami belum tahu berapa persentase dana yang disetujui dari total kebutuhan. Kalau perlu rasionalisasi anggaran kita percuma, tapi biar pengurangannya jangan sampai disproporsi,” kata DB Susanto yang juga menjabat sebagai Kepala Badan. penuntutan individu adalah.

Sekretaris PB Peparnas XVII Rima Fedianto mengatakan, dengan sisa waktu 21 hari, PB Peparnas PB Peparnas juga akan mengkoordinasikan agenda upacara pembukaan dan penutupan di Stadion Manahan, Solo.

“Velodrome sudah lebih dari 90 persen selesai, tinggal pengecatan velodrome saja, semua sudah siap. Kami juga sudah melakukan penyesuaian agar seluruh ruang ramah disabilitas,” kata Rima.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun telah menghubungi Presiden Joko Widodo mengenai pelaksanaan Peparnas XVII 2024 dan akan memberikan perhatian agar acara ini dapat berjalan sesuai rencana.

“Peparnas ini yang kita tunggu-tunggu karena dari sini kita akan mencari atlet-atlet yang bisa kita latih kedepannya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” kata Senny Marbun.

20 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Peparnas XVII 2024 adalah Panahan, Atletik, Bulu Tangkis, Boccia, Catur, Bersepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Tenis Meja.

Lalu ada judo buta, angkat besi, menembak, renang, taekwondo, voli duduk, bowling tenpin, anggar kursi roda, dan tenis kursi roda. Dua cabang olahraga lainnya, para e-sports dan bola basket kursi roda berstatus eksibisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *