Tips Aman dari Vizza Dara, Hindari Ancaman Siber di Media Sosial

JAKARTA, VIVA – Wiza Dara, publik figur yang terkenal dengan dedikasinya terhadap literasi digital, menjadi narasumber dalam webinar “Makin Kecup Digital 2024” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kmenkominfo). Webinar bertema “Keamanan Digital 101: Dasar-Dasar Keamanan Akun Media Sosial” dan Vizza menyoroti pentingnya menjaga keamanan akun media sosial di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya standar interaksi digital khususnya di Indonesia.

Visa menegaskan, menjaga keamanan akun media sosial bukan hanya soal perlindungan diri, namun juga upaya menjaga reputasi dan mencegah penyalahgunaan informasi pribadi. Gulir ke depan.

“Mengapa penting untuk melindungi akun media sosial kita?” Visa Dara dalam pernyataannya mengatakan, “Kita harus memperhatikan 5 hal, yaitu melindungi data pribadi, mencegah penyalahgunaan, pentingnya privasi, menjaga reputasi online dan mengamankan konten.” Pernyataan kepada Peserta Webinar.

Di bawah ini, Visa menjelaskan langkah-langkah sederhana namun efektif yang dapat dilakukan pengguna media sosial untuk memastikan keamanan akun mereka. Salah satu hal terpenting yang dia rekomendasikan adalah menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Menurut Visa, pengguna harus mengubah kata sandi mereka secara rutin setidaknya setiap tiga bulan sekali untuk meminimalkan risiko peretasan. Selain itu, ia juga berpesan kepada pengguna media sosial untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda, terutama antara akun media sosial dan email. 

“Jangan berikan kata sandimu kepada siapa pun kecuali orang tuamu, dan ingatlah untuk keluar jika tidak menggunakan perangkat pribadi. Yang terakhir, perhatikan tautan yang didapat, jangan asal klik. Baca dari sumber tidak resmi Instal juga aplikasinya,” tambah Visa.

Mengutip Juror Klepik, ada ungkapan yang kuat dan relevan dengan kehidupan digital saat ini: Apa yang terjadi di Las Vegas tetap di Vegas, apa yang terjadi di Twitter tetap di Google selamanya. Kutipan ini memberikan peringatan penting kepada pengguna media sosial untuk selalu berhati-hati dalam bertindak di platform online, karena jejak digital yang kita tinggalkan di dunia maya bisa bertahan selamanya.

Visa menutup sesinya dengan berpesan kepada para peserta khususnya siswa dan guru yang hadir untuk lebih cerdas dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Menurutnya, memahami keamanan digital menjadi kunci untuk melindungi diri dari berbagai ancaman di dunia maya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *