Kebebasan Pers Terancam di Hong Kong yang Dikendalikan China

Hong Kong, LANGSUNG – Kebebasan pers di Hong Kong menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah penerapan Undang-Undang Keamanan Nasional pada tahun 2020, yang menyebabkan peningkatan sensor, penangkapan jurnalis, penutupan media independen, dan banyak lagi. . lingkungan yang membatasi bagi jurnalis dan organisasi berita.

Baru-baru ini, pengadilan di Hong Kong memutuskan dua editor perusahaan media Stand News yang kini sudah tidak beroperasi, bersalah karena bersekongkol untuk menerbitkan artikel-artikel yang menghasut dalam sebuah kasus yang secara luas dipandang sebagai barometer masa depan kebebasan media di kota yang dikendalikan oleh Partai Komunis Tiongkok. Partai Komunis Alberta (CPC) pernah dipuji sebagai landasan kebebasan pers di Asia.

Dilansir The Hong Kong Post, Senin 16 September 2024, dua editor Stand News, Chung Pui-kuen, 54, dan Patrick Lam, 36, terancam hukuman dua tahun penjara saat pertama kali divonis pada September 2024. Vonis dijatuhkan kasus keduanya adalah yang pertama atas tuduhan konspirasi terhadap jurnalis atau editor mana pun sejak Hong Kong diserahkan dari Inggris ke Tiongkok pada tahun 1997.

Kritikus internasional, termasuk pemerintah AS, mengatakan bahwa kasus ini menunjukkan terkikisnya kebebasan media berdasarkan undang-undang Partai Komunis Tiongkok.

Stand News, yang dulunya merupakan outlet media online di Hong Kong dengan campuran pemberitaan dan komentar kritis, digerebek oleh polisi setempat pada bulan Desember 2021 dan asetnya dibekukan, sehingga ditutup.

Selain Chung, Lam, perusahaan induk News Desk, Best Pencil (Hong Kong) Ltd., juga didakwa melakukan konspirasi untuk menerbitkan publikasi yang menghasut sehubungan dengan 17 artikel berita dan komentar antara Juli 2020 hingga Desember 2021.

Chung dan Lam mengaku tidak bersalah, sedangkan hanya Chung yang hadir di pengadilan pada Kamis (29 Agustus) untuk mendengarkan putusan tersebut. Chung dilaporkan mengedit atau menyetujui sebagian besar artikel yang dianggap menghasut oleh pengadilan.

Selama persidangan, Chung mengatakan kepada pengadilan bahwa dia tidak pernah berpikir bahwa surat kabar tersebut dapat dituduh melakukan penghasutan dan bahwa “pengenalan hal-hal atau ide-ide penting oleh pemerintah akan dengan mudah menarik kebencian” daripada komentar-komentar itu sendiri, Sky News melaporkan.

Editor Iduro News mengatakan bahwa selama 36 hari dia berdiri di kotak saksi, media hanya “mencatat fakta dan melaporkan kebenaran”, dan mencoba menunjukkan perspektifnya.

Di sisi lain, Lam menulis dalam surat bantuannya: “Kunci dari masalah ini adalah kebebasan pers dan kebebasan berbicara… satu-satunya cara bagi jurnalis untuk melindungi kebebasan pers adalah dengan melaporkan.”

Hakim Pengadilan Negeri Kwok Wai-kin menulis, “Ketika kami menilai suatu perkara bersifat menghasut, maka keadaan faktual yang relevan harus dipertimbangkan, kami menganggap bahwa hal tersebut mempunyai potensi untuk menyebabkan kerugian terhadap keamanan nasional, (dan) hal tersebut harus terjadi. berhenti.”

Jaksa Laura Ng, selama persidangan 57 hari, mengatakan bahwa Standing News bertindak sebagai platform politik untuk mempromosikan ideologi “ilegal” dan membenci pembaca pemerintah Tiongkok dan pemerintah regional Hong Kong, wilayah administratif utama Tiongkok.

Artikel-artikel yang dianggap menghasut oleh pengadilan termasuk komentar yang ditulis oleh aktivis yang diasingkan Nathan Law dan Sunny Cheung, jurnalis veteran Allan Au, mantan editor asosiasi Apple Daily dan istri Chung, Chan Pui-man, The Epoch Times melaporkan.

Putusan tersebut menarik perhatian internasional di tengah tindakan keras politik di Hong Kong yang dikuasai Partai Komunis Tiongkok. Lord Patten, yang juga ketua Hong Kong Watch yang berbasis di Inggris, berkomentar, “Ini adalah hari kelam bagi kebebasan pers di Hong Kong karena Chung Pui-kuen dan Patrick Lam dihukum hanya karena pekerjaan mereka sebagai jurnalis. “

“Tuduhan dan keputusan pengadilan yang tidak berdasar ini menandai kemajuan lain dalam kebebasan media di Hong Kong, karena semakin jelas bahwa komentar dan opini politik dapat melanggar keamanan nasional,” kata Patten.

Menyerukan komunitas internasional untuk memantau secara ketat kebebasan pers di Hong Kong, Lord Patten mengatakan, “Anggota parlemen internasional harus mempertimbangkan tindakan hukuman untuk memaksa otoritas Hong Kong berkomitmen untuk menegakkan Hukum Dasar dan Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris yang menjamin kebebasan berekspresi.” pers, termasuk penerapan sanksi terhadap Presiden Hong Kong, John Lee.”

“Anggota parlemen juga harus menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat semua jurnalis Hong Kong yang dipenjara, termasuk warga negara Inggris Jimmy Lai,” tambahnya.

Mengomentari keputusan tersebut, Aleksandra Bielakowska, Kekuatan Reporters Without Borders Asia-Pasifik, mengatakan, “Keputusan ini merupakan strategi yang sangat berbahaya yang dapat digunakan lagi oleh Beijing untuk menekan suara-suara independen.”

“Puluhan media ditutup, banyak jurnalis melakukan isolasi mandiri, dan lainnya di Hong Kong menghadapi kenyataan baru di mana melintasi garis merah dapat menjadi pelanggaran undang-undang keamanan nasional,” kata Bielakowska kepada Reuters.

Melaporkan memburuknya kebebasan media di Hong Kong sejak tahun 2020, Radio Free Asia (RFA), sebuah organisasi media independen yang didanai oleh Kongres AS, mengatakan bahwa banyak outlet berita independen di Hong Kong telah ditutup dan staf mereka ditangkap dan dituntut setelah kejadian tersebut. Undang-Undang Keamanan di Hong Kong diberlakukan oleh Tiongkok pada tanggal 30 Mei 2020, dan pemerintah Hong Kong mengesahkan Pasal 23 Undang-Undang Keamanan Nasional pada bulan Maret.

Yang paling berpengaruh dari lebih dari tujuh media independen yang dibungkam adalah surat kabar pro-demokrasi Apple Daily, yang terpaksa ditutup pada Juni 2021 setelah polisi menggerebek kantor editorialnya dan memblokir suara-suara – propertinya, RFA melaporkan, menambahkan bahwa Pendiri Apple Daily, Next Digital, raja media Jimmy Lai, seorang kritikus vokal terhadap Tiongkok selama beberapa dekade, saat ini diadili karena “konspirasi untuk bekerja sama dengan kekuatan asing” dan “kerja sama dengan kekuatan asing” berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional – bahasa 2020. Hukum.

Dalam peringkat kebebasan pers dunia yang diterbitkan setiap tahun oleh Reporters Without Borders (RSF), Hong Kong menduduki peringkat ke-18 dari 180 negara dan wilayah pada tahun 2002, namun turun ke peringkat 148 pada tahun 2022, dan merupakan kota tertinggi di dunia menurut Partai Komunis Tiongkok. berada di peringkat 135, antara Filipina dan Sudan Selatan.

Freedom House, dalam survei ekstensif mengenai kebebasan sipil internasional yang memberi peringkat Hong Kong “sebagian bebas,” memberikan skor rendah pada wilayah tersebut yaitu 1 dari 4 karena memiliki “media yang bebas dan independen,” seperti yang dilaporkan oleh RFA.

Asosiasi Jurnalis Hong Kong, dalam Indeks Kebebasan Pers yang dirilis seminggu sebelum keputusan Standing News pada hari Kamis, menemukan bahwa responden mengatakan kebebasan pers di kota tersebut telah jatuh ke titik terendah sejak survei tahunan terhadap jurnalis yang bekerja dimulai pada usia 11 tahun, menurut ke RFA.

RSF juga memperkirakan setidaknya 28 jurnalis Hong Kong telah dituntut berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional tahun 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *