Gunakan Wasit Liga 1, Jatim Kalahkan Aceh di Semifinal PON 2024

Banda Aceh, LANGSUNG – Tim Jawa Timur (Jatim) berhasil mengalahkan Aceh pada laga semifinal sepak bola PON 2024 di Stadion Harapan Bangsa dengan skor 3-2 pada Senin 16 September 2024.

Pertandingan ini dipimpin langsung oleh wasit Liga 1 Indonesia Rio Permana Putra dibantu wasit Joko Sumanto dan Antan Nur Kholiq.

Pada laga tersebut, Jatim berhasil mempermalukan Aceh di hadapan puluhan ribu pendukungnya di Stadion Harapan Bangsa.

Modus permainan

Pada menit-menit awal babak pertama, Aceh langsung bermain lebih cepat menekan pertahanan Jatim. Serangannya kuat dan Aceh mencetak gol cepat pada menit ke-3 pertandingan.

Gol tersebut dicetak Refyanshah yang menyundul umpan silang yang dikumpulkan Irza Rahmad, dan berhasil melewati kiper Jatim yang dijaga Aldino Fanani.

Pada menit pertama pertandingan, Jatim mulai bangkit dan memainkan penguasaan bola dengan mengandalkan kecepatan Achmad Dwi Firmansyah dan Wigi Pratama.

Tak butuh waktu lama bagi Jawa Timur untuk menyamakan kedudukan, yang dicetak pada menit ke-31 oleh Achmad Dwi yang menerima umpan silang Wigi.

Menit 8, Jawa Timur kembali mencetak gol keduanya melalui serangan balik Achmad Dwi yang mampu memberikan umpan silang kepada Wigi Pratama. 

Wigi yang sudah berada di depan gawang tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan langsung menyentuh bola secara perlahan hingga terciptalah gol. Hingga paruh pertama pertandingan, tim Jatim unggul 2-1.

Saat laga babak kedua dilanjutkan, Aceh dan Jawa Timur bermain terbuka, kedua tim saling bertukar serangan.

Pada menit ke-73, serangan balik cepat Jawa Timur mampu membobol pertahanan Aceh yang berhasil menjebol kaki Wigi Pratama.

Usai melewati bek Aceh Irza Rahmad, Wigi langsung melemparkan bola ke kiper Aceh, M. Safrijal, yang tak mampu menghentikannya. Gol Jawa Timur memperpanjang keunggulan menjadi 3-1.

Setelah dua gol, Aceh mulai bermain keras. Rafyanshah menjatuhkan Ahmad Dwi saat menyerang Jatim dan mendapat kartu kuning kedua.

Bermain dengan 10 orang, Aceh bermain jernih dan membatasi pertahanan Jatim. Di menit-menit akhir, Mahyuddin yang membentur jantung pertahanan Jatim, melepaskan tendangan keras yang membentur kaki bek Jatim.

Kemudian bola masuk ke gawang dan terjadi gol bunuh diri. Aceh memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2. 

Skor terus berlanjut hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan. Jawa Timur menang 3-2 untuk melaju ke babak final yang sudah ditunggu Jawa Barat.

Sedangkan Aceh akan bersaing dengan Kalimantan Selatan untuk merebut perunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *