Honda Spacy 125 Meluncur Punya Konsumsi BBM 55 KM per Liter

VIVA – Honda Spacy merupakan salah satu sepeda motor matic yang dijual di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Skutik ini menjadi pilihan baru dengan ruang bagasi lebih besar dibandingkan BeAT.

Namun sayangnya peminat Honda Spacy di pasar Indonesia tidak sebaik BeAT, Vario atau Scoopy, itulah sebabnya pabrikan sepeda motor berlambang sayap mengepak itu memutuskan untuk berhenti menjualnya mulai tahun 2018.

Sementara itu, nama sepeda motor matic masih digunakan di beberapa negara, termasuk generasi terbaru yang keluar di China. Dari segi desain dan spesifikasi sangat berbeda dengan versi yang dijual di RI.

Wuyang Honda, perusahaan patungan antara pabrikan Jepang dan mitra lokal, meluncurkan Spacy 125 dengan gaya retro seperti Giorno atau Stylo.

Bentuk bodinya benar-benar membulat dan ditawarkan dalam 6 warna, termasuk kombinasi dua warna yakni biru muda dan putih bergaris coklat, serta hijau berpadu silver.

Menurut Greatbikers, Selasa, 17 September 2024, sepeda motor matic baru yang hanya akan dijual di China ini dibanderol dengan harga 8.680 yuan atau setara Rp 18,7 juta, hingga 9.280 yuan atau Rp 20 jutaan untuk tipe ABS.

Artinya lebih murah dibandingkan Vario 125 dan Scoopy yang dijual di Indonesia dengan banderol lebih dari Rp 22 jutaan.  

Meski lahir dengan tampilan retro, Spacy 125 tetap dibekali beberapa fitur modern seperti lampu depan LED yang dipadukan dengan DRL (Daytime Running Lights) untuk menambah kemeriahan di siang hari.

Untuk meredam suara bising mesin saat sepeda motor distarter didukung dengan ACG starter dan sistem idle stop yang membuat mesin dapat hidup dan berhenti secara otomatis atau stop and go saat digunakan di jalanan padat.

Tentu saja tujuan dari fitur ini adalah untuk menghemat bahan bakar saat sepeda motor dalam keadaan berhenti, sehingga mesin tidak perlu idle atau start. Teknologi modern lainnya juga mencakup port pengisian USB untuk mengisi daya ponsel.

Panel instrumen atau odometernya berbentuk LCD digital, sistem pengeremannya memadukan cakram depan dan tromol belakang. Dilengkapi dengan sistem rem kombinasi atau CBS pada model standar dan ABS pada varian teratas.

Hal yang menarik dari sepeda motor matic ini adalah mesinnya. Kapasitas silindernya sama dengan Vario 125, mengusung mesin bensin satu silinder 124 cc berteknologi eSP berpendingin udara.

Mesin ini mempunyai tenaga maksimal 7 hp dan torsi 10 Nm, dan berdasarkan pengujian internal Honda, Spacy 125 memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik dengan konsumsi 1,8 liter per 100 kilometer atau setara 55 km per liter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *