Gara-gara Ini Motor Jadi Biang Kerok Macet di Puncak Bogor

VIVA – Puncak, Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu destinasi liburan favorit ibu kota. Kawasan berhawa dingin kembali menjadi sorotan setelah ratusan ribu kendaraan terjebak kemacetan.

Kemacetan panjang hingga 24 jam terjadi di sekitar Puncak, Bogor saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertepatan dengan libur Sabtu-Minggu atau 14-16 September 2024.

Banyaknya warga yang memadati tempat-tempat wisata dan akomodasi di kawasan tersebut, tak terbendung memadati kendaraan yang datang atau pulang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Wakil Kapten Polisi Rizki Guntama, dalam keterangannya mengatakan, pada Minggu, 15 September, sekitar pukul 00.00 hingga 23.00, ada sekitar 114.000 kendaraan yang melintas.

Jumlah kendaraan tidak mencapai kapasitas jalan Puncak, Bogor, apalagi jumlah pengendara sepeda motor meningkat. Seperti yang Anda ketahui, saat proses buka tutup, mesin terus bekerja, berbeda dengan mobil.

“Pertumbuhannya sangat serius, terutama untuk kendaraan roda dua. Perbandingannya 60-40 persen dengan kendaraan roda empat. Jadi sepeda motor mendominasi, terlihat di sepanjang Jalan Raya Puncak, katanya, Selasa, 17 September 2024.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kemacetan parah yang terlihat dari beberapa video yang beredar di media sosial. Sebab secara default jalan ini hanya diperuntukkan bagi 1.500-2.000 kendaraan.

Artinya, kemacetan kemarin juga disebabkan oleh jumlah kendaraan yang meningkat lebih dari 50 kali lipat dibandingkan daya tampung jalan normal. Selain itu, banyak mesin yang ditingkatkan ketika oneway diperkenalkan.

Sebelumnya pada Senin, 16 September 2024, arus balik normal, Rizki mengatakan polisi akan menerapkan jalur satu arah menuju Jakarta mulai pagi ini. Dan sore harinya dibuka kembali untuk bongkar kendaraan tujuan Jakarta.

“Mulai pukul 06.30 kita berangkat satu arah dari Puncak menuju Jakarta dan mulai lagi pada pukul 15.00, dan saat ini baru dibuka dua jalur dari Ciavi,” ujarnya.

Rizki juga menjelaskan, sejak Sabtu hingga Minggu malam, lebih dari 220.000 kendaraan melewati kawasan Punchak di Bogor, baik sepeda motor maupun mobil.

“Ini 90.000 yang bapak amati, itu yang naik (puncaknya), saya khawatir, bisa kurang lebih turun, sekitar 220-230.000. Totalnya dari hari Sabtu perkiraan hari terakhir sekitar 90.000, dimana kemarin estimasi 24 jam kita 140.000,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *