5 Alasan Tak Boleh Minum Air Langsung Setelah Olahraga, Salah Satunya Pengaruhi Gula Darah

Jakarta, VIVA – Salah satu kebiasaan yang paling umum dilakukan setelah olahraga adalah minum air putih. Meskipun tetap terhidrasi itu penting, ada alasan khusus untuk menghindari minum air segera setelah berolahraga. 

Minum air segera setelah berolahraga dapat menyebabkan sembelit, gangguan pencernaan, dan mual. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat merusak elektrolit penting, mengganggu penyerapan makanan, dan memengaruhi kadar gula darah. Berikut penjelasan detail kenapa tidak disarankan minum alkohol segera setelah olahraga, dilansir HealthSite, Selasa 17 September 2024. Yuk jalan-jalan!

Sembelit

Minum air dalam jumlah banyak segera setelah berolahraga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Tubuh Anda fokus pada pendinginan dan perbaikan otot, menambahkan terlalu banyak air ke dalam rutinitas Anda dapat membuat perut Anda sakit. 

Hal ini dapat menyebabkan kembung, kram atau mual. Memberi waktu pada tubuh Anda untuk beralih dari aktivitas berat ke kondisi istirahat dapat membantu mencegah masalah ini. 

Pengenceran elektrolit esensial

Selama berolahraga, Anda tidak hanya kehilangan air, tetapi juga elektrolit penting seperti natrium, kalium, dan magnesium melalui keringat. Minum terlalu banyak air segera setelah berolahraga dapat menguras elektrolit dalam darah, yang dapat menyebabkan dehidrasi. 

Hal ini dapat menimbulkan gejala seperti mual, pusing bahkan sakit kepala. Penting untuk mengisi kembali elektrolit dengan mengonsumsi minuman olahraga atau makanan kaya elektrolit. 

Kerusakan makanan

Jika Anda minum banyak air setelah berolahraga, Anda berisiko menekan enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk menyerap nutrisi. Hal ini dapat mempersulit mendapatkan nutrisi yang diperlukan dari olahraga atau camilan. 

Beristirahat di antara olahraga dan minum air dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat yang dibutuhkan untuk pemulihan. 

Efek pada kadar gula darah

Minum air segera setelah olahraga juga bisa memengaruhi kadar gula darah. Setelah berolahraga, otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin dan tubuh berada dalam kondisi yang memerlukan pemulihan kadar glikogen. 

Terlalu banyak minum air murni dapat mengganggu proses di atas sehingga dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah. Sebaiknya tunggu sebentar dan biarkan tubuh stabil terlebih dahulu, sebelum minum banyak air. 

Ini mempengaruhi pemulihan

Sistem berlari dan hidrasi dapat mempengaruhi proses pemulihan alami. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk kembali normal secara perlahan setelah berolahraga. Minum terlalu banyak air terkadang dapat mengganggu proses ini, memengaruhi pemulihan fisik dan relaksasi secara keseluruhan. Membiarkan tubuh Anda melakukan pendinginan dan rehidrasi secara perlahan dapat membantu pemulihan yang optimal. 

Kapan waktu yang tepat untuk minum air putih setelah olahraga?

Menurut saran Ayurveda, Anda bisa minum air 30 menit setelah berolahraga. Namun, Anda harus tetap terhidrasi meski berolahraga. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional sebelum melakukan perubahan apa pun pada rutinitas harian Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *