Diresmikan Jokowi, Ini Alasan FIBA Buka Kantor di Indonesia

VIVA – Federasi Bola Basket Dunia, FIBA ​​​​resmi membuka kantor di Indonesia. Pembukaan kantor FIBA ​​​​diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa 17 September 2024 di Menara Danareksa, Jakarta. 

Jokowi menyambut baik kehadiran kantor FIBA ​​​​sebagai bentuk dukungan nyata terhadap bola basket di Indonesia.

“Saya menyambut baik kehadiran kantor FIBA ​​​​di Indonesia sebagai bentuk dukungan tulus FIBA ​​​​untuk mempercepat peningkatan prestasi bola basket di Indonesia,” ujarnya. 

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan FIBA ​​kepada Indonesia untuk menyelenggarakan Piala Dunia Bola Basket FIBA ​​2023. 

Indonesia terus mendukung bakat-bakat besar generasi mudanya di bidang olahraga, khususnya bola basket.

 

“Dengan memberikan pembinaan dan pelatihan dengan menyelenggarakan sebanyak-banyaknya event olahraga dan membangun venue bertaraf internasional. Dan tentunya juga dengan memperkuat kerja sama dengan federasi internasional seperti FIBA ​​​​​​sebagai induk bola basket dunia,” lanjutnya. 

 

Presiden Jokowi juga berharap berbagai upaya yang dilakukan pemerintah akan semakin banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi di tanah air. 

 

Pemerintah berharap berbagai upaya tersebut dapat melahirkan lebih banyak lagi atlet-atlet terampil yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga internasional, tambahnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FIBA ​​Andreas Zagklis dalam laporannya mengatakan, kantor FIBA ​​​​di Indonesia bukan hanya bagian dari warisan Piala Dunia.

Namun lebih dari itu, Andreas menjelaskan kehadiran kantor ini merupakan wujud kepercayaan kuat FIBA ​​terhadap potensi generasi muda dan dukungan terhadap bola basket di Indonesia. 

 

“Di sini kami akan memiliki sejumlah proyek, terutama memperbanyak generasi muda Indonesia, baik putra maupun putri, untuk bermain basket dan menjalani pola hidup sehat, serta membawa timnas Indonesia ke level selanjutnya,” kata Andreas Zagklis. 

 

Dalam acara tersebut Presiden juga didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Ini merupakan kedua kalinya federasi olahraga dunia membuka kantor di Indonesia. Federasi sepak bola dunia FIFA sebelumnya berkantor di Jakarta.

Tempat yang dijadikan KANTOR FIFA JAKARTA adalah Menara Mandiri II, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Kantor terkait juga berstatus FIFA Permanent Office South Asian Hub atau kantor penghubung permanen FIFA untuk Asia Tenggara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *