Hati-hati, Spons Cuci Piring Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

AS, VIVA – Spons pencuci piring dapat menjadi sarang bakteri berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit serius yang sering disalahartikan sebagai patogen bawaan makanan. Pembersihan rutin atau mempertimbangkan penggunaan alat pembersih alternatif dapat membantu mengurangi risiko ini.

Seperti dilansir Times of India pada Rabu, 18 September 2024, analisis terbaru menyoroti jumlah bakteri yang menempel di spons dapur dalam jumlah yang mengkhawatirkan. Dan mungkin menimbulkan lebih banyak risiko dibandingkan toilet. Gulir untuk melihat informasi lebih lanjut!

Spons pencuci piring dapat menampung hingga 54 miliar bakteri per sentimeter kubik. Artinya, bahan-bahan tersebut dapat mencemari peralatan dapur yang dibersihkan dengan spons tersebut. Meningkatkan risiko keracunan makanan

Insinyur biomedis di Duke University di AS telah membuktikan bahwa spons pencuci piring dapat menjadi lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan mikroba. Kekhawatiran utamanya adalah penyakit ini sering dikaitkan dengan faktor lain, misalnya makan di piring yang dibersihkan dengan spons yang terkontaminasi.

Risiko yang muncul bukan hanya akibat gastroenteritis ringan. Namun penyakit ini juga mencakup penyakit serius seperti meningitis, pneumonia, demam tinggi, dan diare berdarah. dan racun yang mengancam jiwa

Bakteri Campylobacter yang hidup di spons Sering ditemukan pada ayam yang kurang matang. susu yang tidak dipasteurisasi atau tauge dan hasil bumi yang terkontaminasi Bakteri ini dapat menyebabkan diare, sakit perut, demam, dan mual.

Organisme lain yang ditemukan pada spons adalah Enterobacter cloacae, yang merupakan bagian dari flora normal usus. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi serius jika orang tersebut mengalami gangguan sistem imun. Hal ini menyebabkan masalah seperti pneumonia dan septikemia. dan meningitis

Bakteri E. coli juga ada di spons. Hal ini sering dikaitkan dengan keracunan makanan. menyebabkan penyakit maag diare berdarah Dan komplikasi yang mengancam jiwa dapat terjadi jika tidak ditangani.

Salah satu jenis bakteri tinja yang tumbuh di spons pencuci piring adalah E. coli yang berisiko menyebabkan gagal ginjal. Sindrom Uremik Hemolitik adalah sebutan untuk kondisi ginjal yang disebabkan oleh infeksi.

Sedangkan Klebsiella, jenis bakteri lain yang banyak ditemukan pada spons, Ini adalah patogen oportunistik yang resisten terhadap antibiotik. Ini menyebabkan infeksi serius seperti pneumonia dan infeksi saluran kemih.

Moraxella osloensis, yang menyebabkan bau apek pada pakaian, juga terdapat pada spons. Menyebabkan risiko berbagai infeksi termasuk penyakit kulit dan radang sendi Salmonella, yang sering dikaitkan dengan makanan atau air yang terkontaminasi Penyakit ini dapat tumbuh di spons dan menyebabkan demam, diare, dan sakit perut, dengan gejala yang muncul dalam beberapa jam hingga seminggu.

Tidak hanya itu Staph adalah kuman lain yang ditemukan pada spons yang diketahui menyebabkan infeksi kulit dan kondisi yang lebih serius seperti eksim dan selulit. Spons juga dapat menjadi rumah bagi spesies Proteus dan Acinetobacter.

Untuk mengurangi risiko Penting untuk menghindari kontaminasi silang dengan tidak menggunakan spons yang sama untuk membersihkan barang-barang seperti peralatan makan dan wadah berisi daging mentah.

Selain itu, jangan biarkan spons berada di genangan air. Dan pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan pencuci piring untuk mengurangi kontaminasi kulit. Disarankan menggunakan spons berbahan selulosa dibandingkan spons plastik yang tidak ramah lingkungan.

Lalu, jika Anda merasa kurang nyaman menggunakan spons. Anda dapat memilih dari sikat scrub sekali pakai, sikat silikon, mesin cuci logam. mesin pencuci piring Rendam dalam air sabun panas Dan sering-seringlah mencuci serbet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *