Truk Listrik Mitsubishi eCanter Menjadi Kendaraan Komersial Inovatif

VIVA – Guna mencapai dekarbonisasi, pemerintah mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Saat ini kendaraan listrik sudah banyak beredar di pasaran Indonesia, khususnya mobil dan sepeda motor.

Sementara model yang ditawarkan di sektor komersial masih terbatas, baik bus maupun truk listrik. Bahkan saat ini Mitsubishi Fuso eCanter menjadi satu-satunya truk listrik di kelas komersial ringan.

Mitsubishi eCanter merupakan truk pertama di Indonesia yang resmi dijual oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang resmi diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 ICE BSD, Tangsel.

Mitsubishi eCanter generasi terbaru dibekali baterai berukuran sedang berkapasitas 83 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak 140 kilometer dalam keadaan penuh dan berkapasitas hingga 6 ton.

Dari segi dimensi, truk ringan ini memiliki wheelbase depan dan belakang 3,4 meter serta torsi tinggi, cocok untuk mengangkut muatan maksimal. Desain sasis yang datar menyederhanakan proses produksi bodi.

Distributor truk dan bus Fuso menghadirkan Mitsubishi eCanter 2020 untuk pertama kalinya di Indonesia. Pada tahun 2022, truk ringan tersebut mengikuti beberapa pameran dan uji jalan dengan partisipasi 10 perusahaan. 

Truk ringan bertenaga listrik ini pernah digunakan untuk logistik atau distribusi bahan baku dan penunjang transportasi, dimulai dengan rute di Denpasar, Bali.

Setelah sukses menguji generasi pertama, distributor truk berkepala kuning ini kembali menghadirkan eCanter generasi terbarunya pada Agustus 2023, dan akhirnya mulai dijual pada tahun ini.

Perjalanan panjang eCanter yang pertama kali hadir secara global pada tahun 2017 lalu telah menarik perhatian khusus masyarakat, khususnya perusahaan logistik. Bahkan kehadirannya di RI disambut baik, mengingat selama ini truk yang beroperasi di RI bermesin diesel.

Dan truk menakjubkan ini telah memenangkan penghargaan Kendaraan Komersial Inovatif Tahun Ini 2024 dari Marketeers Editor’s Choice Award (MECA), yang memberikan penghargaan kepada merek-merek yang telah membuat kemajuan pemasaran yang kreatif, inovatif, dan berdampak selama setahun terakhir.

Ini dianggap sebagai produk yang sangat inovatif dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan untuk kendaraan komersial. Inovasi ini juga dilengkapi dengan berbagai persiapan dasar agar eCanter menjadi produk yang layak dipasarkan.

“Hal ini membuktikan bahwa pemahaman produk, strategi pemasaran, dan komunikasi yang kami buat terkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang mengetahui tentang eCanter,” kata Business Communication PT KTB, CEO Sudaryant, dalam keterangannya, Kamis, 19 September. 2024 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *