Respons Erick Thohir soal Kritik Nuroji Pemain Timnas Indonesia Bukan Akamsi

VIVA – Ketua Umum PSSI Eric Thohir angkat bicara soal kritik yang dilontarkan anggota Komite X DPR Fraksi Jerindra Nuroji.​

Baru-baru ini, Nurogi melontarkan kritik terhadap banyaknya pemain naturalisasi di timnas Indonesia. ​

Panitia telah melontarkan kritik seperti itu

Nurogi mengaku tak bangga dengan hasil yang diraih timnas Indonesia belakangan ini. Menurutnya, ia kurang bersemangat dengan kemenangannya karena banyaknya pemain bersertifikat di timnas. ​

“Jujur saya tidak terlalu bangga atau antusias dengan kemenangan PSSI. Karena pemainnya bukan Akansi (anak desa sendiri),” kata Nurogi.

Eric Tohir tidak mau ambil pusing. Di era demokrasi, dan di negara seperti Indonesia yang menjunjung tinggi pilar demokrasi, perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah.​

Eric menegaskan, PSSI akan terus berkomitmen membangun prestasi sepak bola nasional.

“Saya kira di masa demokrasi, perbedaan pendapat bisa dimaklumi, tapi saya dari PSSI, menurut saya pemerintah juga harus berupaya meningkatkan kinerja timnas,” kata Eric kepada awak media. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2024.

Eric kemudian menjelaskan, negara-negara lain yang sepak bolanya lebih maju juga sudah menerapkan kebijakan naturalisasi. Ia mengatakan, sepanjang tidak melanggar aturan FIFA, maka naturalisasi pemain asing sah-sah saja.

Aturannya harus dihormati. Kenapa? Menurut aturan FIFA, setiap negara bisa menaturalisasi semua pemainnya. Kita bisa lihat timnas Belanda yang banyak di antaranya berasal dari Suriname. Banyak pemain timnas Prancis juga berasal dari negara mereka. negara kolonial,” kata Eric.

Belakangan, banyak tim di Amerika yang merupakan tim Spanyol. Timnas Spanyol juga menggaet Diego Costa dari Brasil. Timnas Italia juga menggaet pemain dari Argentina, jelas Eric.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *