HUT TNI Ke-79, 181 Pesawat Akan Gelar Demo Udara di Langit Jakarta

Jakarta, VIVA – Pada tanggal 5 Oktober 2024, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan 79 tahun mempertahankan kedaulatan NKRI.

Menjelang HUT TNI ke-79 tahun ini, Panglima TNI Agus Subiyanto telah menyiapkan sejumlah acara. Agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas

Salah satu acara yang direncanakan adalah parade udara atau air show yang menampilkan 181 pesawat TNI dari 3D dalam acara puncak perayaan HUT TNI pada 5 Oktober 2024 di Lapangan Monas Silang, Jakarta Pusat.

Sekretaris Utama Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tony Harjono mengaku mendapat instruksi khusus dari Panglima TNI untuk menyiapkan ribuan pesawat dan prajurit TNI AU guna memeriahkan acara puncak HUT TNI AU ke-79. Tahun TNI akan dipusatkan di Lapangan Monas Silang, Jakarta Pusat.

“Kami telah mengerahkan pesawat TNI AU yang ada untuk demonstrasi udara. Total ada 148 pesawat yang mampu terbang, di luar pesawat cadangan,” ujarnya.

Selain pesawat TNI AU di Kasau, akan ada tambahan pesawat TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang bersama-sama menggelar parade udara di Jakarta.

“Pesawat TNI AL sebanyak 15 unit dan TNI Angkatan Darat 18 unit, sehingga total pesawat pengintai berjumlah 181 unit,” ujarnya.

“Selain demonstrasi lainnya, juga akan ada penerbangan drone,” ujarnya.

Mengenai jumlah personel TNI AU yang akan dikerahkan, Perdana Menteri TNI AU mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 15.000 prajurit dan sejumlah alutsista lainnya untuk mengikuti pawai pasukan tersebut. Sama seperti parade udara, ini merupakan puncak perayaan HUT TNI ke-79.

“Untuk dikirim semua anggota. Angkatan Udara memiliki 15.000 anggota, belum lagi cabang lainnya. dari angkatan laut atau angkatan darat,” kata Marsekal TNI Tony Harjono.

“Jadi akan ada land march. tentara yang berbaris berbaris dengan peralatan dan senjata kita. Semuanya akan ada di sana,” katanya.

Perlu diketahui, perayaan HUT TNI ke-79 tahun ini tidak hanya digelar pada 5 Oktober 2024 saja. TNI juga akan menggelar pameran ratusan alutsista. Diantaranya kendaraan tempur (Ranpur), kendaraan taktis (Rantis), tank amfibi. dan berbagai rudal milik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU terlihat jelas di depan umum di Lapangan Monas Silang Jakarta Pusat pada 21-22 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *