Perubahan Rangking FIFA Timnas Indonesia Sejak Dilatih Shin Tae-yong

VIVA – Peringkat FIFA Timnas Indonesia akan kembali naik pada September 2024. Saat ini tim Garuda berada di peringkat 129.

Indonesia menduduki peringkat 133 pada Juli tahun lalu. Indonesia melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia setelah dua kali bermain imbang melawan Arab Saudi, 1-1, dan Australia, 0-0.

Dengan tambahan skor 15,44 poin, Indonesia naik empat peringkat dari 133 poin menjadi 129 poin. Tim Garuda saat ini telah mencetak 1.124,17 poin.

Ini merupakan kali ke-10 status Indonesia meroket sejak ditunjuknya pelatih Shin Tae-yong yang menandatangani kontrak pertamanya pada akhir Desember 2019.

Sayangnya perjalanan Shin Tae-young bersama timnas Indonesia tidak berjalan mulus. Akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19), mereka harus menunggu cukup lama untuk debut.

Saat kedatangannya, Indonesia berada di peringkat 173 ranking FIFA, tertinggal dari beberapa negara ASEAN termasuk Vietnam dan Malaysia.

Kemajuan yang dialami Timnas Indonesia dalam perjalanannya tidak terjadi secara instan. Ia mendapat banyak kritik dan pertanyaan karena membawa ide baru ke timnas Indonesia. ,

Mereka memilih susunan pemain yang berbeda dengan era manajer sebelumnya Simon McMenemy. Shin Tae-young telah banyak mempromosikan pemain muda ke level atas.

Pelan tapi pasti, ranking FIFA timnas Indonesia mulai naik mulai Oktober 2021. Usai mengalahkan Chinese Taipei di kualifikasi Piala Asia, Indonesia naik ke peringkat 165.

Sejak saat itu, peringkat timnas Indonesia terus meningkat. Pada April 2023, Indonesia berada di peringkat 149 ranking FIFA. Hasil tersebut diraih setelah meraih kemenangan dan hasil imbang melawan Burundi.

Setahun kemudian, peringkat Indonesia kembali naik. Pada April 2024, Timnas Indonesia berada di peringkat 134 ranking FIFA. Saat ini Indonesia berada di peringkat 129.

Indonesia saat ini hanya tertinggal dua negara ASEAN, yaitu Vietnam (peringkat 116) dan Thailand (peringkat 100). Namun, ia belum puas dengan perkembangan timnas Indonesia saat ini.

Pasalnya, PSSI menargetkan Timnas Garuda bisa menembus 100 besar ranking FIFA di masa depan. “Tidak cukup, karena impian kami adalah menempatkan Garuda di 100 besar dunia,” kata Eric Tohir, Ketua Umum PSSI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *