Hebat! Raih 10 Emas, Indonesia Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum Turnamen Para Badminton International

Solo, VIVA – Indonesia kembali menunjukkan dominasinya di ajang Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024.

Dalam kompetisi yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Jawa Tengah, Minggu 22 September 2024, tim Merah Putih berhasil meraih gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Prestasi tersebut diraih dengan meraih 10 medali emas dari total 20 grup yang bertanding.

Margareta Sianne, Brand Hydroplus Senior, mengucapkan selamat kepada para atlet pemenang. Ia berharap keberhasilan ini dapat menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan yang lebih baik lagi di masa depan.

“Kami berharap keberhasilan ini dapat menjadi katalisator untuk meraih kesuksesan tinggi di kancah internasional. Bagi yang belum meraih juara, kami berharap pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran penting untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya, sehingga dapat tampil lebih tangguh. dalam kompetisi. kompetisi berikutnya,” kata Margareta di UMS Edutorium, Minggu, 22 September 2024.

Bersamaan dengan itu, Yuni Kartika, Wakil Direktur Pelayanan Olahraga Djarum Foundation, mengucapkan terima kasih atas perjuangan tim Indonesia. Mantan juara Piala Uber 1994 itu menegaskan, pencapaian tersebut merupakan pertanda baik bagi perkembangan lingkungan bulutangkis Tanah Air.

“Tim Indonesia tidak bermain dengan kekuatan penuh karena masih sedikit atlet yang berasal dari Paris Paralympic Games sehingga banyak pemain baru yang hadir pada kompetisi ini. Namun tampaknya para atlet mampu meraih prestasi tersebut. Tujuannya, menjadi juara umum. Hal ini menunjukkan roda lingkungan masih berjalan dengan baik, sehingga kita berharap Indonesia kuat dengan pertandingan ini, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Nasional Penyandang Disabilitas Indonesia (NPC) Senny Marbun mengatakan, keberhasilan Indonesia menjadi juara umum pada kompetisi yang juga didukung oleh Dinas Olahraga Djarum Foundation ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi. terus dicermati dalam kompetisi. untuk mengikuti. usia. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah menyelenggarakan turnamen langka tersebut.

“Saya juga yakin para atlet dari seluruh dunia akan senang dan bangga bisa berpartisipasi. Kami mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah menjadi juara dan terus berlatih keras agar lebih sukses di masa depan.  Saya juga yakin para atlet dari seluruh dunia akan senang dan bangga bisa berpartisipasi, kata Senny.

Pada babak terakhir, kemenangan tim Indonesia dibuka oleh Ganda Campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila yang pada babak terakhir bertemu dengan tim Indonesia lainnya, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila, unggulan pertama, berhasil merebut gelar juara dalam pertarungan dua gim dengan skor 21-12, 21-10 sekaligus mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

“Pertandingan terakhir berjalan dengan baik, sesuai ekspektasi, kami mampu meraih kemenangan dengan baik. Ini merupakan keberhasilan kami yang kedua kalinya menjadi juara di Indonesia Para Badminton dari nomor SL 3 – SU 5 Ganda Campuran. Dulu kami juga pernah meraih medali emas Indonesia Para Badminton 2023. Kami senang bisa ikut menyumbang kejayaan Tim Merah Putih di kancah internasional,” kata Ratri.

Duo peraih medali emas Paralimpiade Paris 2024 ini juga berharap kesuksesannya di Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh pebulu tangkis tanah air. “Dengan kompetisi tingkat tinggi yang akan diselenggarakan di Indonesia ini dan keberhasilan yang telah kami raih, kami berharap para atlet bulutangkis lainnya dapat termotivasi untuk berlatih keras dan menambah catatan waktu larinya di pertandingan internasional,” tambah Hikmat.

Subha pun ikut andil dalam keberhasilan meraih medali emas pada kompetisi bulu tangkis dan berusaha tampil sebagai juara umum untuk ketiga kalinya. SH 6 Tunggal Putra mendapat perlawanan sengit dari wakil India, Sivarajan Solaimalai, dalam pertarungan dua game dengan skor 21-19,21-15. Penetapan gelar tersebut merupakan keberhasilan kedua Subhan di Indonesia Para Badminton karena sebelumnya ia juga meraih juara pada tahun 2022.  

“Sivarajan Solaimalai adalah lawan yang bagus karena saya sudah berkali-kali melawannya di turnamen internasional. Sebenarnya saya sangat gugup di akhir dan memanas hingga tertinggal di awal permainan. Namun, saya mulai bersemangat, Menguasai dan mengatur tempo permainan di pertengahan game pertama. Alhamdulillah saya bisa menjadi juara di kandang sendiri dan meraih juara kedua Tunggal Putra 6 Indonesia ,” kata Subhan penuh rasa terima kasih.

Sementara itu, India menjadi negara kedua yang mengoleksi medali emas terbanyak di HydroplusIndonesia Para Badminton International 2024 dengan 6 medali emas.

Salah satunya diraih dari kategori Ganda Campuran WH 1 – WH 2 yang diwakili duo Prem Kumar Ale/Alphia James. Mereka berhasil menghentikan upaya Indonesia meraih medali emas pada babak ini setelah mengalahkan Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti dengan skor akhir 21-11,21-9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *