Resep Pentol Ayam Kriwil, Camilan Lezat untuk Keluarga

Jakarta, VIVA – Pentol Ayam Kriwil merupakan jajanan lezat berbahan dasar ayam giling dan tepung terigu yang bisa dijadikan camilan atau makanan ringan.

Dengan perpaduan rasa yang nikmat dan tekstur yang kenyal, permen ini menjadi favorit banyak orang. Berawal dari Cookpad @bundakkirana, inilah resep lengkap pembuatan Pentol Ayam Kriwil dengan bumbu kacang yang nikmat. Bahan Pentol Ayam Kriwil :

– 400 gram ayam tanpa tulang

– 350 gr tepung singkong

– 50 gram tepung maizena

– 1 butir telur

– 6 siung bawang putih

– 2 sdm. merica bubuk

– 200-250 gram es

– Garam dan kaldu bubuk secukupnya

– Daun bawang, cincang halus Bahan Saus Kacang:

– Kacang tanah 50 gr

– 2 siung bawang putih

– 200 ml air

– 1 buah asam jawa

– Secukupnya cabai rawit

– Daun jeruk

– Gula pasir, secukupnya Pembuatan :

1. Pertama, siapkan semua bahan pentol. Pastikan ayam dicuci bersih. Hal ini penting untuk memastikan kebersihan dan keamanan pangan.

2. Masukkan ayam, bawang putih, telur, garam, kaldu, merica bubuk dan es ke dalam food processor. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika ingin teksturnya lebih halus, masak hingga menjadi pasta.

3. Masukkan adonan ayam ke dalam mangkuk berisi tepung kentang dan tepung maizena. Tambahkan irisan bawang bombay. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit es. Sesuaikan bumbu sesuai selera Anda.

4. Ambil sesendok adonan lalu cetak dengan menggunakan sendok takar. Bentuknya bisa disesuaikan dengan selera. Pastikan bohlamnya tidak terlalu besar agar matangnya merata.

5. Rebus air dalam panci besar. Masukkan bohlam satu kali ke dalam air mendidih. Jangan berharap umbinya mengapung, pastikan saja umbinya tidak saling menempel. Kemudian angkat bohlam dan pindahkan ke alat penguap untuk menguap.

6. Kukus puff pastry dan tahu tenis (jika menggunakan) selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang. Tahu musim semi bisa dikukus secara terpisah agar tidak saling menempel.

7. Untuk bumbu kacangnya, goreng kacang tanah dengan sedikit minyak hingga panas hingga hampir matang. Masukkan bawang putih, cabai dan daun jeruk, masak hingga semua bahan harum. Angkat dan haluskan menggunakan blender, tambahkan sedikit air dan asam jawa.

8. Pindahkan bumbu halus ke dalam penggorengan, tambahkan sisa air. Tambahkan gula merah dan garam, masak hingga mendidih dan mencapai kekentalan yang diinginkan. Campur bersama dan angkat dari api.

9. Pentol Ayam Kriwil siap dihidangkan. Nikmati lezatnya saus kacang. Camilan ini sangat cocok disantap di rumah bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *