Eks Komandan Pasukan Setan Diganti, Mantan Danyon 14 Kopassus Pecah Rekor Akmil 2005 di Banten

VIVA –  Peristiwa bersejarah baru-baru ini terjadi di kota pesisir Chilegon, Banten, di Selat Sunda. Pada tahun 2005, Letkol Inf Miftahul Khoir menjadi lulusan Akademi Militer pertama yang menjadi Panglima Kodim.    Rekor lulusan Akmil tahun 2005 diraih Letkol Miftahul Khoir setelah mengambil alih jabatan Panglima Kodim 0623/Chilegon, Siliwangi dari lulusan senior Akademi Militer tahun 2003 Letkol Ario Priyoutomo Soedojo.  

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA Militer, pada Senin, 23 September 2024 telah dilaksanakan upacara serah terima di markas Dandim Chilegon di Kodim Chilegon yang dipimpin oleh Brigjen TNI Fierman Sjafirial August, Komandan Korem 064/Maulana Yusuf.

Letkol Inf Miftahul Khoir merupakan perwira TNI Angkatan Darat yang lahir dan besar di Korps Baret Merah Komando Pasukan Khusus (Kopass).

Karirnya di Kopass begitu cemerlang hingga pernah dipercaya bertugas di Batalyon 14 / Bhadrika Sena Baladika alias Yon 14. Batalyon diam, yaitu rahasia, milik Kopas, bagian dari kelompok Kopas I.

Ia merupakan perwira keenam yang bertugas sebagai Yon-14, menggantikan Mayor Senior Eko Hardianto pada Januari 2022. Jabatan tersebut kemudian dilimpahkan kepada Mayor Inf. Imam Bukhari.

Selain itu Letkol Inf Miftahul Khoir dipanggil untuk menjabat sebagai Kepala Seksi Umum Pusdiklat Kopassus atau disingkat (Pusdiclatpass) Batujajar Pusdiklat Kopassus Bandung.

Selain itu, Letkol Inf Ario Priyoutomo Soedojo merupakan mantan Komandan Yonif 315/Garuda alias Pasukan Setan. Menjabat sebagai Dandim Chilegon sejak Februari 2023 menggantikan Letjen. kol. Inf Ari Widyo Prasetyo.

Baca: Komandan Batalyon TNI Legendaris yang Menangkap Gembong PKI Diganti Hanya 14 Hari Setelah Kembali dari Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *