Transformasi Karyawan Baru Melalui Onboarding

JAKARTA, VIVA – Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk lebih selektif dalam memilih talenta. Perusahaan kini semakin sadar akan pentingnya masa orientasi atau onboarding, terutama setelah berhasil merekrut karyawan baru melalui program Management Trainee (MT).

Onboarding tidak hanya sekedar pengenalan lingkungan kerja bagi karyawan baru, namun juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Dengan program onboarding yang efektif, perusahaan dapat memastikan karyawan baru beradaptasi dengan cepat, memahami budaya perusahaan, dan berkontribusi maksimal.

“Program onboarding yang baik tidak hanya memberikan pemahaman terhadap perusahaan, tetapi juga membentuk karakter dan perilaku karyawan agar selaras dengan nilai-nilai organisasi,” kata Meenita Rahmawati, kepala pembelajaran internal Manajemen PPM. divisi. Dikutip pada tahun 2024 pada hari Senin, 23 September.

Sebagai salah satu perusahaan konsultan manajemen terkemuka, PPM Management menawarkan solusi komprehensif untuk melaksanakan program integrasi. Mereka memberikan layanan mulai dari pengembangan modul pelatihan, pemilihan mitra pelatihan, pelaksanaan dan evaluasi program.

“Kami membantu perusahaan membuat program keterlibatan yang memenuhi kebutuhan dan tujuan spesifik mereka,” kata Meenita.

Menurut manajemen PPM, elemen kunci yang biasanya disertakan dalam program orientasi yang efektif adalah: Pemahaman mendalam tentang perusahaan: visi, misi, struktur organisasi, dan budaya perusahaan. Pengembangan kompetensi: baik kemampuan teknis maupun soft skill. Pengantar Proses Bisnis: Memberikan kesempatan kepada karyawan baru untuk berpartisipasi langsung dalam pekerjaan sehari-hari. Jaringan: Memfasilitasi komunikasi dengan rekan-rekan dari berbagai departemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *