Diplomasi Sandera Tiongkok Ciptakan Kekhawatiran di AS?

BEIJING (Reuters) – “Diplomasi penyanderaan” menjadi lebih umum sejak rezim Tiongkok membebaskan warga Amerika dan pendeta setelah hampir dua dekade dipenjara, seorang anggota senior Departemen Luar Negeri dari Partai Republik memperingatkan.

Pada tanggal 15 September 2024, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan bahwa David Lin, yang ditangkap di misi Tiongkok pada tahun 2006, telah kembali ke AS. Lin, yang kini berusia 68 tahun, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2009 karena melanggar perjanjian tersebut, yang dianggap ilegal oleh Washington.

Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR Michael McCaul (R-Texas) mengatakan dalam pengumuman 15 September.

Michael McCaul menambahkan: “Penangkapannya, seperti banyak penangkapan lainnya, merupakan tren diplomasi penyanderaan yang sedang berkembang oleh para diktator di seluruh dunia. Namun Kai Li dan Mark Swidan dari Texas tetap bertahan. PKC telah dihukum dan sekarang harus dibebaskan.”

Seperti dilansir European Times pada Selasa, 24 September 2024, tren yang mengkhawatirkan telah muncul dalam hubungan internasional dalam beberapa tahun terakhir: munculnya “diplomasi penyanderaan”, khususnya yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok. 

Strateginya adalah dengan menahan orang asing yang sering dituduh sebagai agen pengaruh terhadap tanah air mereka.

Dengan banyaknya penangkapan oleh pihak Barat, bentuk negosiasi diplomatik ini menimbulkan kekhawatiran mengenai semakin besarnya keinginan Tiongkok untuk menggunakan individu sebagai jaminan dalam perselisihan geopolitik.

Istilah “diplomasi penyanderaan” mengacu pada penahanan orang asing oleh pemerintah dengan imbalan konsesi politik atau ekonomi. 

Strategi ini menjadi semakin populer karena semakin banyak negara yang menggunakannya untuk mempengaruhi negosiasi global atau menekan pemerintah asing agar mengubah kebijakan. 

Dalam kasus Tiongkok, hal ini semakin banyak digunakan untuk mengurangi ketegangan dan konflik dengan negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Pembebasan Pendeta David Lin setelah upaya diplomatik berkelanjutan oleh AS menggarisbawahi masalah yang sedang berlangsung mengenai orang asing yang dimanfaatkan oleh rezim Tiongkok dalam negosiasi.

Kasus Lin telah menarik kembali perhatian global terhadap praktik rezim Tiongkok yang menahan orang asing dalam keadaan yang mencurigakan.

Penahanannya yang berkepanjangan, meskipun ada protes dari AS, mencerminkan kesulitan dan sering kali ketidakjelasan dalam sistem hukum Tiongkok yang berfungsi dengan baik dan transparan, yang seringkali kurang dalam kasus-kasus yang sensitif secara politik.

Menurut Komite Eksekutif Kongres Rakyat Tiongkok (CECC), ini bukan pertama kalinya Beijing menggunakan sistem hukumnya untuk menangkap atau menahan orang asing demi keuntungan politik. Salah satu contoh paling menonjol dari diplomasi penyanderaan Tiongkok adalah kasus “Two Michaels”, Michael Kovrig dan Michael Spavor dari Kanada, yang ditahan di Tiongkok selama lebih dari 1.000 hari. 

Penangkapan mereka pada bulan Desember 2018 secara luas dipandang sebagai pembalasan atas penangkapan CEO Huawei asal Kanada, Meng Wanzhou, yang ditahan atas permintaan Amerika Serikat atas tuduhan dan hukuman terkait. Setelah bertahun-tahun perselisihan hukum dan tekanan internasional, kedua pria tersebut dibebaskan pada September 2021, tak lama setelah Meng dibebaskan oleh otoritas Kanada.

Sekitar sebulan sebelum “Two Michaels” dirilis, Michael McCaul menulis di X bahwa kedua orang Kanada itu “tidak melakukan kesalahan apa pun”. “Diplomasi penyanderaan PKT adalah sikap negara-negara nakal, bukan para pemimpin global,” kata X-Men.

Seorang pengusaha Swedia yang berbasis di Texas yang ditahan di Tiongkok dijatuhi hukuman dua tahun penjara pada tahun 2019, menurut Departemen Luar Negeri AS. Bandingnya ditolak dan pengadilan Tiongkok menguatkan keputusan tersebut pada bulan April lalu.

Demikian pula Kai Li yang telah dipenjara di Tiongkok sejak September 2016. Dia dijatuhi hukuman 10 tahun penjara pada tahun 2018 atas tuduhan spionase yang menurut keluarganya “bermotif politik”.

Pada tanggal 15 September, Free Kai Li, sebuah situs web yang menganjurkan pembebasan Li, meminta pemerintahan Biden untuk campur tangan dan menjamin kebebasannya.

“Selamat datang kembali, David Lin.” Kami senang melihat [Presiden Joe Biden] memimpin dalam memulangkan warga Amerika dari Tiongkok. “Sekarang kami membutuhkannya juga #FinishTheJob untuk membawa pulang Kai sebelum perubahan pemerintahan lainnya mengubah hubungan bilateral kami,” tambah postingan tersebut.

Diplomasi penyanderaan Tiongkok menimbulkan tantangan besar bagi pemerintah asing, khususnya mereka yang berupaya menjaga hubungan stabil dengan Beijing sekaligus melindungi warga negaranya di luar negeri. Sifat penahanan yang sewenang-wenang ini menciptakan suasana ketidakpastian, terutama bagi perusahaan asing, peneliti, dan LSM yang beroperasi di Tiongkok. 

Kekhawatiran akan penahanan politik telah membuat banyak orang mempertimbangkan kembali kehadiran mereka di negara tersebut, yang telah memperburuk hubungan diplomatik dan ekonomi antara Tiongkok dan Barat. Selain itu, diplomasi penyanderaan melemahkan upaya Tiongkok untuk menjadi kekuatan dunia yang bertanggung jawab. 

Meskipun Beijing telah lama peka terhadap kritik terhadap catatan hak asasi manusianya, meningkatnya penggunaan diplomasi penyanderaan telah semakin mencoreng citra internasionalnya dan memperburuk hubungan dengan sekutu perdagangan dan diplomatik utama. Meningkatnya diplomasi penyanderaan Tiongkok telah mendorong negara-negara Barat untuk mengambil tindakan yang lebih keras dalam hubungannya dengan Beijing. 

Amerika Serikat dan sekutunya telah menyatakan keprihatinannya mengenai penahanan ini di forum internasional, menuntut pembebasan warga negara mereka sendiri dan memberikan sanksi terhadap pejabat Tiongkok yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia. Selain itu, banyak negara semakin memperingatkan warganya tentang risiko yang terkait dengan perjalanan ke Tiongkok, terutama di industri atau sektor yang berorientasi politik.

Menanggapi kasus-kasus seperti yang dialami David Lin, anggota Kongres AS menyerukan tindakan yang lebih besar untuk mengatasi tren yang lebih luas. 

Kongres AS telah memperdebatkan undang-undang yang bertujuan untuk menghukum negara-negara diplomatik yang bermusuhan dengan kemungkinan sanksi dan pembatasan perjalanan yang dikenakan pada pejabat yang bertanggung jawab atas penahanan sewenang-wenang.

Namun, Komite Eksekutif Parlemen Tiongkok (CECC) akan mengadakan sidang pada tanggal 18 September untuk membahas penderitaan warga Amerika yang ditahan di Tiongkok. 

Saksi termasuk Nelson Wells Sr. Nelson Wells Jr., ayah dari warga negara Amerika Harrison Li, putra Kai Li; Tim Hunt, saudara laki-laki dari tahanan Amerika lainnya, Dawn Michelle Hunt. Dan jurnalis Peter Humphrey, mantan tahanan Tiongkok.

Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan peringatan perjalanan yang mendesak warga Amerika untuk mempertimbangkan bepergian ke Tiongkok daratan karena “penegakan hukum dalam negeri yang sewenang-wenang,” termasuk penggunaan larangan keluar dan penahanan secara ilegal. 

Berdasarkan pedoman tersebut, Beijing dapat mencegah orang asing meninggalkan negaranya karena berbagai alasan, seperti memaksa mereka untuk berpartisipasi dalam penyelidikan atau menyelesaikan perselisihan perdata demi kepentingan warga negara Tiongkok.

Lebih dari 200 orang Amerika saat ini menghadapi tindakan penegakan hukum di Tiongkok dan lebih dari 30 orang terkena larangan bepergian, menurut kelompok advokasi Dui Hua Foundation yang berbasis di San Francisco, yang juga menyambut baik pembebasan David. Lynn pada tanggal 15 September.

Pada tahun 2023, kelompok hak asasi manusia Safeguard Defenders yang berbasis di Spanyol melaporkan bahwa jumlah orang yang dilarang pergi oleh rezim Tiongkok telah meningkat tajam selama dekade terakhir, The Epoch Times melaporkan. 

“Siapa pun dapat menjadi sasaran, pembela hak asasi manusia, pengusaha, pejabat, dan orang asing,” kata laporan itu.

Menanggapi pembebasan Lin, James Foley Legacy Foundation, sebuah organisasi yang mengadvokasi kebebasan sandera Amerika di luar negeri, telah menyatakan optimismenya di media sosial, seperti dilansir The Epoch Times. 

“Pembebasan Lin merupakan tanda dorongan,” kata yayasan tersebut dalam sebuah pernyataan, dan menambahkan bahwa “kami berharap semua warga Amerika yang ditahan secara tidak sah di Tiongkok akan dipertemukan kembali dengan keluarga mereka sesegera mungkin.” “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *