Dari Cekungan Merbabu, Pasukan Elite Pandawa Kostrad Akan Muncul Parade Militer di Muka Presiden

VIVA – Beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2024, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-79.

Perayaan HUT ke-79 TNI kali ini dipusatkan di Monumen Nasional Salib (Monas) di Jakarta Pusat. Di hadapan Presiden RI Joko Widodo.

Pada puncak kemeriahan, Parade Militer TNI rencananya akan menampilkan tenaga dan persenjataan tiga kekuatan, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Maka dari itu, dalam parade militer belakangan terungkap Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) memutuskan mengerahkan prajurit elite Batalyon Infanteri Mekanik (Yonif) 411/Pandaw untuk menghadap Joko Republik Indonesia. Widodo.

“Merupakan tugas dan kehormatan bagi kita semua untuk mempercayakan pimpinan satuan Pandaw Kostrad untuk mengikuti upacara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia di Monas Jakarta, tentunya kita akan menampilkan yang terbaik dan maksimal,” kata Panglima Ionif 411. /Pandaw, Mayor Inf Ilham Datu Ramang dari VIVA Army.

Menanggapi kepercayaan pimpinan Kostrad, Inf Mayjen Ilham Datu Ramang mengirimkan pasukannya ke Jakarta dari markasnya di kota Salatiga, Jawa Tengah. Pasukan bergerak dari kota di lembah pegunungan Merbabu menggunakan bus dan truk TNI.

“300 prajurit kita telah diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti perayaan HUT TNI ke-79 di Persimpangan Monas, oleh karena itu tugas mulia ini kita laksanakan dengan penuh semangat, rasa tanggung jawab, dan sebaik-baiknya,” ujarnya. Lulusan Akademi Militer tahun 2006.

Pasukan Pandawa terlebih dahulu diguncang sebelum bergerak menuju Jakarta. Dalam seminggu, Inf Mayor Ilham Datu Ramang sedang melatih prajuritnya. Selain itu, program menyeluruh juga diselenggarakan untuk memastikan semuanya siap dan sesuai aturan.

Parade militer di Monas akan menandai sejarah baru bagi pasukan Pandawa. Sebab hingga saat ini mereka sering terlihat dalam parade militer di acara Divisi Infanteri Kostrad II dan Kodam Diponegoro.

Baca: Raja Harimau Hutan Sriwijaya Letkol Rinto Bunuh 3 Petani yang Dibawa untuk Campur Tangan TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *