Album Microphone Checka Volume #1, Langkah Baru Hip-Hop Indonesia

JAKARTA, VIVA – Sony Music Entertainment Indonesia melalui sub-labelnya Floor Inc berinovasi dengan menampilkan karya musisi berbakat lintas genre urban, elektronik, dan hip-hop. Bekerja sama dengan label EVERYDAYINDO dan USS Networks, ia akan merilis album kompilasi hip-hop bertajuk Microphone Checka Volume #1. 

Album tersebut akan berisi sembilan lagu karya sembilan musisi yang masing-masing memiliki kekuatan dan warna musiknya masing-masing, antara lain lagu I’m Not Playing karya AB Mucasino, Fallen’t With Its Story, Emergency With Bakotan Anak Selatan, By A Fabi With. Microphone, Tacticlopsum dengan Jakarta Timur, Stephth dengan Hard Mode, Almamoska dengan Oh Marcinah, Wierthajaya dengan My Shot dan Ongkar dengan Feel the Vibe. Gulir terus, oke?

Wisnu Viksana atau lebih dikenal dengan Oeboer sebagai Head of A&R Floor Ink menyambut baik kolaborasi pertamanya dengan EVERYDAYINDO dan USS Network. Oeboer menilai Microphone Cheka Volume #1 merupakan langkah tepat Sony Music Indonesia membantu musisi hip-hop lokal mengembangkan dan memperluas jangkauan musiknya.

“Karena tren musik di Indonesia dan dunia, genre hip-hop saat ini mulai populer di industri musik Indonesia. Selain pertumbuhannya yang pesat, skena hip-hop lokal yang tersebar di seluruh Indonesia banyak bermunculan talenta-talenta baru, hal ini menunjukkan .” bahwa genre ini terus berkembang dan Floor Ink sebagai label yang fokus di bidang ini ingin membantu mereka dan menjadi wadah agar para musisi ini bisa terus berkarya,” ujarnya.

Faujan Lubis atau lebih dikenal dengan Ojan Cisitipsi dari EVERYDAYINDO menjelaskan, ide pembuatan album ini berawal dari ide Rulionzo (Boy’s Got No Brain), salah satu musisi yang membuat album kompilasi hip-hop The 90s 

“Dari ide tersebut, Ojan sebagai musisi yang sudah terlanjur tertarik dengan kebangkitan musik hip-hop saat itu, akhirnya menerapkan ide tersebut hingga muncul kolaborasi antara Floor Ink, EVERYDAYINDO dan USS Networks. Kolaborasi tidak terwujud.” jelas Ojan.

Para musisi dalam album ini merupakan hasil seleksi tim EVERYDAYINDO yang bekerja sama dengan event USS Jakarta 2023 yaitu finalis kompetisi MIC CHECK yang diadakan pada tanggal 4 November 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Sanyan.

Proses pengerjaan album ini memakan waktu lama karena musisi yang terlibat tersebar di berbagai kota. Meski demikian, ketiga tim yang terlibat merasa senang karena pengerjaannya berjalan lancar.

“Butuh waktu agak lama untuk membuat materi kompilasi ini. Namun, kami bersyukur prosesnya cukup sederhana dan menyenangkan. “Mengingat musisi yang mengisi album ini tersebar di berbagai daerah, kami juga mengandalkan teknologi yang ada untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan mendengarkan demonya,” kata Ogen.

Dari sembilan lagu yang tersedia, tim Floor Ink memilih tiga lagu sebagai fokus track, yakni Feel the Vibe karya Ongkar, It’s a Story karya Fallen’t, dan Oh Marcinah karya Almamoska. Menurut Oboeer, ketiga lagu tersebut mewakili keseluruhan konsep album Microphone Cheka Volume #1.

“Ketiga lagu ini mewakili konsep album hip-hop atau kompilasi Microphone Cheka Volume #1. Dari segi kekuatan lagu utama dan produksi musiknya, ketiganya memiliki daya tarik komersial. “Meski tentu saja semua lagu di album ini layak untuk didengarkan karena telah melalui proses penyaringan yang cukup ketat dan merupakan yang terbaik,” jelas Oboe.

Para musisi dalam album ini dipilih melalui audisi online yang diselenggarakan oleh tim EVERYDAYINDO, Floor Inc dan USS Network. Dari total 200 materi yang terkumpul, kurasi dilakukan oleh Iwa Kay, Zakhala dan Rulionzo hingga akhirnya terpilih sembilan finalis yang tampil di Mike Czech USS di JCC Senayan.

Proses pengerjaan album ini memakan waktu tiga bulan sebelum kompetisi berlangsung, dan meski terdapat kendala dalam hal komunikasi karena lokasi musisi yang berbeda, namun kolaborasi tersebut menghasilkan sebuah karya yang seimbang dan harmonis. Dengan proyek koleksi ini, ketiga pihak berharap bisa menghidupkan kembali popularitas musik hip-hop di Indonesia. 

“Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah kami ingin membawa musik hip-hop menjadi musik yang bisa kembali merajai industri musik tanah air. “Itu terjadi antara tahun 1993 dan 2003 dan sangat mungkin terjadi lagi,” kata Ojan.

Dari sudut pandang Floor Inc, Oboe menambahkan bahwa proyek ini bertujuan untuk memperkuat identitas Floor Inc sebagai sub-label baru Sony Music yang berfokus pada genre hip-hop, urban, dan elektronik. Album Microphone Cheka Volume #1 akan tersedia di platform musik digital mulai 25 September 2024.

“Tidak hanya itu, Floor Ink juga bertujuan untuk terus memperkenalkan bakat-bakat baru di genre hip-hop dan membantu mengembangkan pengaruhnya di industri musik Indonesia secara keseluruhan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *