Perjuangan Cécil Yang sebagai Rapper Perempuan dan Debutnya di Dunia Hip-Hop

Jakarta, VIVA – Dunia hip-hop di Indonesia didominasi oleh rapper laki-laki, namun di tengah ketimpangan tersebut, muncul rapper perempuan yang patut mendapat perhatian. Cécil Yang, seorang rapper wanita, telah resmi bergabung dengan label Sony Music Entertainment Indonesia, Floor Inc, dan akan merilis single pertamanya yang bertajuk 321 (I’m Callin’). 

Lagu ini merupakan karyanya sendiri, dengan lirik yang ditulis langsung oleh Cécil dan melodi yang disusun oleh Kamaliel. Ingin tahu lebih banyak, oke?

Cécil kelahiran 12 November 1998 ini mengungkapkan, awal mula lagu ini tidak dimaksudkan untuk menjadi single perdananya. 321 (I’m Callin’) merupakan lagu kedua yang ia buat setelah ia merasa lagu pertama tidak cocok untuk debutnya.

“Lagu ini digarap sejak bulan April. Ada perubahan dari sisi ritmenya karena saya merasa kurang cocok dengan komposisi rekaman dan liriknya. Keseluruhan proses komposisinya sendiri memakan waktu sebulan dan saya sangat puas dan bangga. ketika saya melihat hasilnya karena sangat berbeda dengan lagu yang saya nyanyikan,” kata Cécil. 

Ia juga mengatakan bahwa alasan ia memilih lagu ini sebagai lagu pertamanya adalah karena ia ingin menantang dirinya sendiri dan mencoba hal baru. 

“Di single ‘321 (I’m Callin’)’ aku merasakan semua itu,” ujarnya.

Bagi Cécil, merilis single pertamanya memiliki tantangan tersendiri. Meski bukan orang baru di dunia hip-hop, namun ia tetap merasakan tantangan, apalagi ia berada di bawah kepemimpinan Floor Inc. perubahan harus dilaksanakan.

“Yah, aku harus mengubah gaya rapku yang lama. Dulu aku menggunakan nada rendah untuk rap dan liriknya agak kasar, sekarang sedikit berubah. Aku punya banyak keluhan dan aku mencoba mengolah ulang semuanya menjadi” It itu tidak mudah, tapi aku bisa melakukannya,” jelasnya. Ia juga telah mencoba musik lain yang perlu ditingkatkan.

Meski fokus pada genre rap, Cécil ingin pesan 321 (I’m Callin’) bisa diterima semua orang, terutama kaum hawa. 

“Pesan saya kepada kita para wanita, kita harus mencintai diri sendiri karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan mencintai kita?” Rasa cinta pada diri sendiri inilah yang juga yang membuat saya bangga sebagai seorang rapper wanita di Indonesia karena bisa melakukannya secara gratis dan mendapatkan hits. dukungannya,” kata Cecil. 

Ia juga menambahkan, kehadiran rapper perempuan di Indonesia yang jumlahnya sangat sedikit, patut lebih diapresiasi dan diberi perhatian lebih. Cécil berharap dengan bergabung di Floor Inc ia dapat mewujudkan mimpinya mempromosikan hip hop. 

“Saya ingin hip-hop lebih didengar dan bukan hanya ‘dari kami, untuk kami’, tetapi hanya untuk menikmati beberapa bagian, balada atau semua jenis musik yang sedang populer saat ini,” kata Cécil. Ia pun bermimpi suatu saat bisa memadukan musik tradisional dengan hip hop, tidak hanya di Indonesia tapi juga di negara lain. 

Single debut Cécil Yang, 321 (I’m Callin’) akan tersedia di berbagai platform musik digital mulai 26 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *