Dua Wanita Terjerat Cinta Brad Pitt Gadungan, Rugi Rp5,4 Miliar

Jakarta, VIVA – Polisi Spanyol baru-baru ini menangkap lima orang yang diduga menipu dua wanita dengan kerugian sebesar 325.000 euro atau setara Rp 5,4 miliar. 

Mereka berpura-pura menjadi bintang film terkenal, Brad Pitt, dan berusaha meyakinkan para wanita bahwa mereka akan menjalin hubungan romantis dengan aktor tersebut di masa depan.

Dilansir The Guardian pada Kamis, 26 September 2024, kelompok penipu ini pertama kali menghubungi wanita tersebut melalui situs penggemar Brad Pitt.

Mereka berhasil membangun kepercayaan dan meyakinkan korban untuk berinvestasi pada proyek yang sebenarnya tidak ada. 

Seorang perempuan asal Andalusia mengalami kerugian sebesar 175.000 euro atau setara 2,9 miliar dolar, sedangkan seorang perempuan asal Basque Country lainnya mengalami kerugian sebesar 150.000 euro atau setara 2,5 miliar dolar.

“Penjahat dunia maya, untuk menangkap korbannya, menganalisis jaringan sosial mereka dan membuat profil psikologis mereka, menemukan bahwa kedua wanita tersebut rentan, tanpa belas kasihan dan dalam keadaan depresi, kata polisi.

Untuk menambah kredibilitas, mereka menggunakan platform pesan instan dan berkomunikasi melalui email, berpura-pura berbicara langsung dengan Brad Pitt. Mereka menjanjikan hubungan romantis dan masa depan bersama.

Saat polisi mendapat informasi, mereka melakukan penangkapan di Andalusia bagian selatan. Mereka menggeledah lima rumah dan menemukan berbagai barang bukti, termasuk ponsel, kartu bank, dan komputer. 

Polisi juga menemukan buku harian berisi frasa yang digunakan para penipu untuk mengelabui korbannya.

Dari total kerugian yang dialami kedua wanita tersebut, pihak berwenang menerima uang sebesar 85.000 euro atau setara Rp 1,4 miliar. Kasus ini menunjukkan betapa pentingnya mewaspadai penipuan online, terutama yang melibatkan selebriti. 

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan usulan yang terkesan tidak bermakna tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *