INFOGRAFIK: Legacy Jokowi, Indonesia Punya Sirkuit Kelas Dunia, Tuan Rumah MotoGP

Jakarta, VIVA – Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP Seri Mandalika pada 27 hingga 29 September 2024. Ajang balap internasional ini menjadikan Sirkuit Mandalika kebanggaan Tanah Air, dimana Indonesia sudah tiga kali menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun 2022.

Pada tahun 2024, target penonton MotoGP Indonesia diperkirakan mencapai 110.000 orang dan estimasi pendapatan dari ajang tersebut mencapai Rp 231 miliar.

Sebelumnya, pada tahun 2022, MotoGP Mandalika sukses menarik 102.801 penonton dan menyumbangkan dana sebesar Rp 143 miliar dari penyelenggaraan acara yang didanai penuh oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. ,

Pada tahun 2023, jumlah penonton bertambah menjadi 102.929 orang dan sebagian besar pendanaannya akan disokong oleh BUMN pengelola destinasi wisata tersebut. Manfaat ekonomi dari peristiwa ini cukup besar, dengan total dampak terhadap perekonomian nasional mencapai Rp 4,5 triliun dan Rp 3,57 triliun terhadap perekonomian Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang dibuka pada 12 November 2021 merupakan salah satu sirkuit dunia dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan.

Lintasan ini juga telah mendapat izin Kelas A dari FIM sehingga menempatkan Indonesia di peta motorsport internasional sebagai tuan rumah beberapa event besar seperti World Superbike Championship, Asian Road Racing Championship, dan National Motocross Championship.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *