Restorasi Honda Astrea Grand seperti Keluaran Pabrik Habiskan Dana Hampir Rp20 Juta

Viva, Jakarta – Meski banyak bermunculan sepeda motor baru yang berteknologi canggih, namun sepeda motor vintage memiliki daya tarik tersendiri karena meninggalkan momen-momen tak terlupakan. Tak heran jika banyak pemilik yang merenovasi sepeda motornya menjadi mulus

Begitu pula dengan pemilik Motor Honda Astra Grand keluaran tahun 1994 beralamat Instagram @saptuari. Dia mengembalikan sepeda motor ke kondisi pabrik aslinya

Pasalnya, merestorasi motor bebek legendaris ini menyimpan banyak kenangan Honda Astra Grand merupakan sepeda motor pertama yang dibeli keluarganya pada tahun 1998 seharga Rp 3,5 juta.

Saya biasa mengantar ibu saya ke pasar Lempuangan setiap hari untuk berjualan gigi kuda. Saya menjual almond dua kali seminggu di pasar loak. Mulai berjualan di pasaran,” kata VIVA Otomotif, pemilik sepeda motor Saptuari Sugiharto pada 27 September 2024.

“Pada tahun 2023, saya menggunakan sepeda motor ini pada acara meetup UGM dan teman-teman kaget melihat keadaannya. Kondisinya tertekan lalu saya langsung berpikir untuk menghidupkannya kembali dan memulihkannya… … 99% seperti baru, hanya saja odometernya belum direset ke nol,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hampir semua suku cadang baru digunakan dalam proses restorasi sepeda motor tersebut. Dibutuhkan biaya sekitar Rp 20 juta untuk mengembalikan sepeda motor ke kondisi pabrik

Jika dihitung secara rinci biaya suku cadang, total biayanya adalah Rp 14.641.000, dan biaya jasa perbaikannya adalah Rp 5 juta, totalnya adalah Rp 19.641.000. Proses restorasi Godan Schlemann, di Bebeck Restoration Studio di Adder, jalur dan waktu kerja: 1 tahun 20 hari.

“Sekitar 80% suku cadangnya baru dan harganya lebih dari 14 juta, belum termasuk jasa perbaikannya. Harus sabar mengantri dan menunggu 1 tahun 20 hari di bengkel sampai semuanya selesai,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *