Toyota GR86 Baru Meluncur di RI, Tenaganya Lebih Buas

VIVA – Toyota GR86 merupakan produk pertama Gazoo Racing yang dijual di Indonesia. Mobil sport yang berada di bawah Toyota GR Supra ini hanya mendapat ubahan di beberapa bagian untuk meningkatkan performanya.

Toyota GR86 generasi kedua dibangun di atas platform TNGA, dengan peningkatan performa mesin, komponen kemudi, dan suspensi, kata Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motors.

“Kami memperkenalkan GR86 baru dengan batasan performa yang lebih tinggi untuk meningkatkan pengalaman berkendara unik GR Cash, dan menghadirkan kegembiraan di balik kemudi GR,” kata Henry dalam keterangannya, Jumat, 27 September 2024. .

Toyota bekerja sama dengan tuning house Sachs (ZF) untuk menaikkan penalti suspensi GR86 baru, sehingga memberikan kontak yang lebih baik dengan aspal dan handling khas mobil sport.

Selain itu, sistem EPS atau power steering elektrik juga ditingkatkan untuk memberikan handling yang lebih langsung dan respon natural saat berinteraksi dengan pengemudi.

Dari sektor mesin, mesin boxer masih dipertahankan dengan kode grid FA24 empat silinder 2387cc, namun di dalamnya terdapat teknologi baru bernama D-4S yang menawarkan efisiensi termal lebih baik namun tenaga lebih besar.

Tenaga maksimalnya diklaim 235 PS pada 7.000 rpm, torsi puncak pada 3.700 rpm, dan transmisi ke roda belakang lewat transmisi manual 6 percepatan.

Torsi mesin kemudian dikontrol untuk memberi sinyal kepada pengemudi agar mengganti gigi. Kontrol dorong kemudian diterapkan untuk mencapai respons akselerasi yang lebih tajam dan meningkatkan performa kecepatan tinggi.

Dalam kasus transmisi otomatis 6 kecepatan, toleransi mesin terhadap putaran ditingkatkan, dan torsi maksimum lebih mudah diperoleh saat pedal gas ditekan kembali.

Dukungan torsi lebar memungkinkan gaya berkendara lebih sporty meski hanya mengandalkan transmisi otomatis.

GR86 baru tetap menggunakan mesin depan dan tata letak RWD, mengadopsi gaya mobil sport klasik Toyota dengan ruang mesin lebih panjang, bahu lebih rendah sejajar mesin, kabin kompak, dan bodi lebar.

Sebaliknya, hijau lumut yang elegan menggantikan Oasis Blue dan 6 pilihan warna lainnya. Selain itu, interiornya juga mendapat beberapa peningkatan, New Toyota GR86 dibanderol dengan harga Rs 1.016 crore untuk manual dan Rs 1.054 crore untuk otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *