Pertamina Bikin Ruang Sejarah MotoGP di Sirkuit Mandalika

Nusa Tenggara Barat, VIVA – Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi venue ajang balap internasional, MotoGP. Saat ini MotoGP Mandalika memulai jadwal balapannya hari ini setelah balapan kualifikasi dan sprint.

FYI, MotoGP Mandalika sudah memasuki tahun ketiga dan di tahun 2024 ini ada yang baru dan menarik adalah hadirnya museum MotoGP pertama di dunia yaitu Pertamina MotoGP Experience Gallery.

Museum ini baru saja diresmikan pada Sabtu 28 September 2024 oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, CEO PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, CFO PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini dan CEO Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati.

Fadjar Djoko Santoso selaku Direktur Komunikasi Pertamina mengatakan museum ini dibangun untuk menampilkan sejarah panjang Indonesia dan keikutsertaan Pertamina dalam ajang motorsport paling bergengsi di dunia tersebut.

Tahun ini, Pertamina memiliki Pertamina MotoGP Experience Gallery yang bekerja sama dengan ITDC. Tujuannya untuk menceritakan atau menggambarkan perjalanan MotoGP dan dukungan Pertamina terhadap motorsport dari tahun 60an hingga saat ini, dikutip VIVA di Mandalika. Jalur, Lombok.

Fadjar juga menjelaskan, museum akan memajang memorabilia MotoGP berupa sejarah benda-benda milik kompetitor. Ada juga poster lomba yang dikirim langsung oleh Dorna.

Jadi otentik sekali, perlengkapan yang dipakai para pembalap MotoGP zaman dulu ada, seperti baju balap, sepatu balap, dan masih banyak lagi. Dorna kirimkan semuanya, ujarnya.

Selain untuk menunjang MotoGP, Pertamina MotoGP Experience Gallery juga menjadi sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui perjalanan panjang Indonesia di dunia motorsport.

“Masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh perkembangan dan dukungan Pertamina terhadap olahraga otomotif di Indonesia dapat melihat langsung museum ini, tiket masuknya gratis,” jelas Fadjar.

FYI, Pertamina MotoGP Experience Gallery terdiri dari dua bangunan utama, yaitu Galeri Utara dan Galeri Selatan.

Galeri utara berisi memorabilia milik kompetitor MotoGP, seperti pakaian balap, helm balap, bantalan kaki dan siku, serta visor sepeda motor balap. Dorna mendukung semua fitur ini.

Di Pertamina MotoGP Experience Gallery, pengunjung dapat mendalami budaya dan keanekaragaman hayati sirkuit Mandalika. Kemudian pengunjung bisa melihat sekilas kekacauan di balik garasi balap.

Selain itu, Pertamina juga membuka official merchandise store di museum MotoGP.

Juga akan ada permainan interaktif untuk anak-anak dan replika sepeda motor balap mini Pertamina Enduro VR46 Team.

“Ajang MotoGP memberikan dampak ekonomi dan multiplier effect di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebagai BUMN, Pertamina mendukung ajang internasional ini agar berdampak ekonomi bagi masyarakat termasuk UKM. Selain itu, Pertamina Grand Prix Indonesia menyemangati nama Pertamina menjadi lebih global.” dia memutuskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *