Jorge Martin Juara MotoGP Mandalika 2024, 9 Pembalap Gagal Finis

Jakarta, LANGSUNG – Jorge Martin tampil mendominasi MotoGP Mandalika 2024 dan akhirnya keluar sebagai juara pada Minggu 29 September 2024. Pembalap Pramac Racing itu mengalahkan Pedro Acosta dan Bagnaia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jorge Martin langsung memimpin balapan setelah start dari posisi pertama, disusul Enea Bastianini. Sementara Bagnaia berada di posisi keenam, Marc Marquez yang start dari posisi 12 berada di posisi ketujuh pada awal balapan.

Sementara itu, ada empat pembalap yang mengalami kecelakaan di awal lap dan tidak bisa melanjutkan balapan. Yakni Alex Marquez, Aleix Espargaro, Jack Miller dan Luca Marini.

Pedro Acosta naik ke posisi kedua setelah melewati Bastianini. Memasuki lap keenam, giliran Franco Morbidelli dan Marco Bezzecchi yang menyalip Bastianini, meninggalkan pebalap Ducati itu untuk sementara di posisi kelima.

Bastianini kini berada di bawah bayang-bayang rekan setimnya, Bagnaia. Martin masih nyaman memimpin balapan dengan selisih waktu 1.045 dengan posisi kedua Acosta memasuki lap 10, sebaliknya Bagnaia masih tertahan di posisi keenam.

Marc Marquez tidak bisa melanjutkan balapan setelah motornya bermasalah dan terbakar. Padahal, pembalap Gresini Racing ini berpotensi mencetak poin dengan berada di posisi 10 besar.

Dengan begitu, Marquez melanjutkan kutukannya karena tidak finis di Mandalika. Pasalnya pada dua edisi MotoGP Mandalika sebelumnya, Marquez tak berpeluang finis di balapan utama. 

Di MotoGP Mandalika 2022, Marquez mengalami kecelakaan saat pemanasan sebelum balapan. Sementara pada edisi tahun lalu, Marc Marquez juga mengalami kecelakaan hingga tak mampu meraih poin pada sprint race dan balapan utama.

Bahkan, mantan pebalap Repsol Honda itu berhasil meraih podium ketiga pada sesi sprint race MotoGP Mandalika, Sabtu 28 September 2024. Sementara itu, Bastianini kembali naik ke peringkat ketiga setelah melewati Morbidelli dan Bezzecchi.

Sial bagi Bastianini, ia terjatuh di tikungan pertama dan tak mampu melanjutkan balapan hingga Morbidelli kembali ke posisi ketiga. Bagnaia secara mengejutkan berhasil naik ke posisi ketiga di sisa 4 lap.

Martin akhirnya tampil sebagai juara MotoGP Mandalika 2024, disusul Acosta di posisi kedua dan Bagnaia di podium ketiga. Kini, Martin terus memuncaki klasemen dengan 366 poin, atau unggul 21 poin dari Bagnaia. 

Hasil Lengkap MotoGP Mandalika 2024: Jorge Martin Spa Pramac Ducati (GP24) Pedro Acosta Spa Red Bull Gasgas Tech3 (RC16) Francesco Bagnaia Ita Ducati Lenovo (GP24) Franco Morbidelli Ita Pramac Ducati (GP24) Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP223) Factory Spec Gatem (RS-GP24) Fabio Hakaro Fra Trad Fred JTM (RC-GP24) Tarkin Zarco (RC-GP24) Takanaki Nakaami JPN LCR Honda (RC213V) Alex Rins   SPA   Monster Yamaha (YZR-M1)

Gagal finis Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24) Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16) Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) Marc Marquez G Gresi cat ITA VR46 Ducati (GP23) Alex Marquez Gresini Ducati (GP23) ) Aleix Espargaro Pabrik SPA April (RS-GP24) Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16) Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *