Latihan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Cuma Butuh 3 Menit!

Jakarta, VIVA – Siapa sangka, rahasia umur panjang orang Jepang berasal dari olahraga sederhana yang hanya memakan waktu tiga menit sehari. Ini adalah Radio Taiso, latihan Jepang yang sederhana dan populer.

Ini adalah cara sederhana dan menyenangkan untuk tetap aktif yang tidak memerlukan banyak peralatan atau waktu. Ini adalah jenis olahraga singkat yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang selama hampir 100 tahun.

Meski hanya melibatkan gerakan sederhana, Radio Taiso dikenal efektif menjaga kesehatan tubuh. Apalagi olahraga ini tidak hanya bisa diikuti oleh anak-anak, orang dewasa hingga lansia juga bisa melakukannya secara rutin. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya! Temukan Rádio Taiso!

Dilansir Japanese Society, Radio Taiso merupakan latihan rutin yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1951 di Jepang. 

Gerakannya sederhana dan bisa dilakukan dimana saja. Setiap gerakan di Radio Taiso dirancang untuk memperkuat tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Meski hanya memakan waktu tiga menit, namun olahraga ini memberikan pengaruh yang besar bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika Radio Taiso masih populer di kalangan masyarakat Jepang. Manfaat pelatihan dengan Radio Taiso.

Berikut beberapa manfaat pembuatan Radio Taiso :

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Pertama, yaitu memperlancar peredaran darah. Gerakan-gerakan senam ini membantu meningkatkan aliran darah sehingga meningkatkan fungsi organ tubuh secara umum.

2. Mengurangi rasa lelah

Latihan kecil ini juga akan membantu tubuh Anda pulih dari kelelahan, membuat Anda merasa lebih segar dan energik.

3. Memperbaiki postur dan memperkuat otot

Radio Taiso juga dapat memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot. Selain manfaat tersebut, olahraga ini juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

4. Membakar kalori

Ya, Radio Taiso juga bisa membantu Anda membakar kalori, hingga 200 kalori dalam satu sesi. Namun, tergantung intensitas gerakan dan kondisi tubuh Anda.

Cara melakukan latihan di radio Taiso

Jika Anda ingin mencobanya, berikut langkah-langkah dasar pelatihan Radio Taiso yang bisa Anda ikuti:

1. Pemanasan

Berdiri tegak, rileks dan mulailah menggerakkan lengan dan bahu untuk mengendurkan otot.

2. Luruskan tubuh Anda

Kemudian perlahan angkat kedua tangan lalu turunkan sambil sedikit menekuk badan ke samping.

3. Pelatihan Dasar 

Selanjutnya lakukan gerakan sederhana seperti menekuk lutut, menggerakkan tangan maju mundur, dan lompatan kecil untuk meningkatkan sirkulasi.

4. Pendinginan

Setelah itu, selesaikan latihan dengan peregangan lembut untuk merilekskan tubuh Anda.

Jika ingin mencobanya, Anda juga bisa langsung mengikuti berbagai petunjuk praktis dari Rádio Taiso di YouTube. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *