Sejarah Indonesia di Piala Asia U-20, Pernah Juara dan Hajar Jepang

Jakarta, VIVA – Timnas U-20 Indonesia rupanya punya sejarah emas di turnamen Piala Asia U-20. Tim Garuda Muda sempat meraih kemenangan dan mengalahkan Timnas U-20 Jepang.

Momen tersebut terjadi pada Piala Asia U-20 1961 yang saat itu bernama AFC Youth Championship 1961.

Bergabung di Grup A, tim muda Garuda menjadi tim yang tak terkalahkan. Mereka mencatatkan dua kemenangan dan dua kali imbang dari empat pertandingan yang mereka mainkan.

Padahal timnas U-20 Indonesia saat itu berada di grup neraka. Mereka menghadapi Timnas kelompok umur Vietnam Selatan, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Namun Timnas U-20 Indonesia bisa melaju ke final sebagai juara Grup A dengan mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 dan menahan imbang Korea Selatan 2-2.

Hasil ini sekaligus mengantarkan Timnas U-20 Indonesia melaju ke final melawan juara Grup B Burma U-20 (Myanmar). Saat itu, format kompetisinya tidak mengadakan babak semifinal.

Nah, dari dua grup yang ada saat itu, tim-tim terbaik masing-masing bertemu di final. Sedangkan tim runner up menyerang untuk memperebutkan peringkat ketiga yang diraih Thailand U-20 melawan Vietnam Selatan U-20 dengan skor 2-1.

Sedangkan Timnas U-20 Indonesia berbagi gelar juara dengan Burma U-20. Keputusan itu diambil setelah kedua tim sama-sama bermain imbang di Bangkok, Thailand.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *