Panglima TNI hingga Para Kepala Staf Angkatan Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Jakarta, VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto, Kepala Staf KSAD TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal TNI M. Tony Harjono dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengikuti langsung Upacara Peringatan Pancasila hari ini. Presiden RI Joko Widodo di dekat Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa, 1 Oktober 2024. 

Upacara peringatan hari suci Pancasila yang rutin diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini digelar dengan megah. 

Seperti diketahui, peringatan hari suci Pancasila merupakan salah satu momen bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, serangkaian upacara digelar untuk menghormati jasa para pahlawan TNI dan sipil yang telah mengorbankan nyawanya demi keutuhan Pancasila sebagai ideologi negara.

Upacara diawali dengan pembacaan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Panglima Kombes Paul. Saya Ketut Gede Adi Wibawa, Pembawa Acara Presiden Indonesia Joko Widodo.

Presiden Jokowi kemudian mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur sebagai pengawas upacara.

Presiden Indonesia Joko Widodo yang memimpin upacara tersebut mengatakan: “Mengheningkan cipta dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan dan prajurit bangsa, khususnya para pahlawan revolusi.”

Hening sejenak, Presiden PNR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, dilanjutkan dengan DPD Presiden R.I., Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Baca oleh. La Nyalla Mahmoud Mattalitti.

Sumpah setia Pancasila juga dibacakan dan ditandatangani pada upacara yang dipimpin oleh Presiden DPR RI Nokta Maharani. Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama RI Yakut Cholil Kumas.

Terakhir, Presiden Jokowi selaku pengawas upacara menerima salut hormat dari komandan upacara, menandai berakhirnya upacara. 

Selanjutnya, Presiden RI Joko Widodo meninggalkan mimbar upacara lalu menuju Monumen Pancasila Sakti dan Lubang Buaya bersama rombongan. . Sejumlah pejabat kementerian/lembaga, termasuk Menteri Pertahanan Republik Indonesia serta Presiden terpilih Jenderal TNI (Purn) 2024-2029 Prabowo, juga turut serta dalam perayaan Hari Pancasila pada 1 Oktober 2024. Subianto, Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menko Perekonomian Airlanga Hartarto, Mendikbud Ristek Dikti Nadiem Makarim, Kapolri Jenderal Pol. Listo Sigit Prabowo dan Pangkostrad Letjen TNI Mohamad Hasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *