Media Asing Sorot Popularitas Timnas Indonesia: Sulap Pemain tak Terkenal Jadi Superstar

Jakarta, VIVA  – Media luar negeri Amerika Serikat, The Athletic, menyoroti fenomena unik pemain naturalisasi timnas Indonesia yang sebelumnya tidak dikenal dan tiba-tiba menjadi mega bintang di dunia sepak bola.

“Indonesia mengubah pemain tak dikenal menjadi superstar yang dikagumi,” tulis judul artikelnya yang dikutip Rabu, 2 Oktober 2024.

Artikel tersebut menyebutkan bahwa kiper FC Dallas, Maarten Paes, dapat berjalan dengan nyaman di Texas tanpa banyak orang yang mengelilinginya.

Namun berbeda ketika Paes berada di Indonesia. Usai membela timnas Indonesia, Paes selalu dikerumuni banyak orang selama berada di Jakarta.

Penggemar sepak bola Tanah Air disebut-sebut memperhatikan setiap gerak-gerik para pemainnya. Bahkan di media sosial, netizen Indonesia diyakini tak henti-hentinya mengagumi keturunan gamer tersebut.

The Athletic pun membandingkan jumlah suporter di starting XI Timnas Indonesia dengan XI Timnas AS.

Meski Amerika memiliki jumlah penduduk lebih besar dibandingkan Indonesia, namun popularitas tim Garuda di media sosial sangat tinggi.

Sebelas pemain starter timnas Indonesia unggul dengan 26,9 juta pengikut dibandingkan Yankees yang berjumlah 10 juta pengikut.

FYI, Indonesia sangat gencar menjalankan program naturalisasi untuk menambah kekuatannya di kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Kemarin, dua pemain keturunan Belanda-Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia.

Keduanya dipastikan bakal menjadi lawan saat Si Merah Putih berhadapan dengan Bahrain dan China di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *