Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Semakin Kuat di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Belgia, VIVA – Pemerintah Indonesia telah menyelesaikan proses naturalisasi pemain timnas Indonesia Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Keduanya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengucapkan sumpah setia di Belgia pada Senin, 30 September 2024.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar menegaskan, naturalisasi merupakan bagian dari upaya pemerintah memperkuat timnas Indonesia menghadapi berbagai agenda internasional, termasuk Piala Dunia 2026. 

“Naturalisasi merupakan mekanisme strategis yang kita lakukan untuk memperkuat sumber daya manusia olahraga nasional. Melalui kebijakan ini, kita dapat mengharumkan nama Indonesia dengan atlet-atlet berkualitas yang memiliki potensi besar untuk mengikuti kompetisi internasional,” jelas Cahio saat memimpin acara tersebut. berat. Di KBRI Belgia. 

Cahyo mengatakan naturalisasi tersebut akan berdampak langsung pada timnas Indonesia di putaran ketiga Piala Dunia 2026 Asia. Timnas akan melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024. 

Keduanya diharapkan mampu mentransfer ilmu dan pengalaman berharga dari kompetisi Eropa, tempat mereka berkarir saat ini. Hilgers adalah bek tengah yang bermain untuk FC Twente di Eredivisie Belanda. Saat ini, Reijnders merupakan bek sayap yang memperkuat PEC Zwolle. 

“Hilgers dan Reijnders diharapkan dapat membawa metode latihan dan pola pikir profesional yang dapat memberikan dampak positif bagi pemain muda lokal di Indonesia,” ujarnya. 

Kehadiran Hilgers dan Reijnders akan memperkuat lini belakang Timnas Indonesia dan mendongkrak asa mereka menembus putaran final Piala Dunia 2026. dan Piala Asia AFC 2027. 

Selain itu, pemerintah ingin timnas Indonesia lebih kompetitif di ajang internasional dan mencapai tujuan jangka panjang, yakni masuk peringkat 100 besar FIFA dan 10 besar Asia. 

Ia menambahkan, naturalisasi Hilgers dan Reijnders merupakan bagian dari strategi besar pemerintah untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, yang diharapkan menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang maju, mandiri, dan berdaya saing di dunia, termasuk di bidang Olahraga. 

Cahio melanjutkan, “SDM yang tinggi menjadi kunci kompetisi. Pembinaan para atlet merupakan langkah untuk mewujudkan timnas yang lebih kuat, berpengalaman dan mampu bersaing di tingkat internasional.” 

Dalam kesempatan tersebut, Cahyo mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam proses naturalisasi, mulai dari pemerintah, DPR RI, hingga komunitas pecinta sepak bola tanah air. 

“Kerja sama yang kuat antar berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan penyelesaian proses naturalisasi. Kami berharap bergabungnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders semakin memajukan prestasi sepak bola Indonesia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *