Supogami, Olahraga Asal Jepang Sambil Bersihkan Sampah

Cikarang, VIVA – Negeri Sakura, Jepang punya budaya keren lainnya bernama Supogami. Ini adalah semacam olahraga yang dilakukan sambil membersihkan sampah. 

“Supogami merupakan permainan khas Jepang yang menambahkan unsur kegiatan pengumpulan sampah tradisional,” kata Senior GM New Business PT AEON Mall Indonesia dalam keterangannya, Rabu, 2 Oktober 2024. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

“Kegiatan ini dilakukan oleh berbagai perusahaan dan organisasi, menjadikan kegiatan tradisional yang biasanya merupakan bagian dari kegiatan pelayanan publik menjadi sebuah kompetisi,” lanjutnya.

Sebagai upaya untuk menggalakkan aktivisme positif tersebut, Supogami diselenggarakan pada tanggal 29 September 2024 di Ion Mall Deltamas, Sikarang dengan mengusung tema Bersih-bersih Kota Sambil Berolahraga!

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai pembuangan sampah yang erat kaitannya dengan permasalahan kesehatan dan sosial,” ujar Kaori Hirata.

Hirata menambahkan, peserta memungut sampah dalam batas waktu tertentu dan memperebutkan poin berdasarkan kuantitas dan kualitas sampah. Peserta diharapkan dapat memahami jenis dan jumlah sampah yang dibuang di suatu kota atau daerah, serta belajar mengenai permasalahan lingkungan hidup.

Sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan ini dipilah berdasarkan jenisnya dan 100% didaur ulang untuk mengurangi beban terhadap lingkungan.

“Dengan peserta lebih dari 250 orang, kami tidak hanya memahami Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), tetapi juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan bekerja sama demi terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” jelas Hirata.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Aeon Mall Indonesia Tetsuya Kimura menyampaikan komitmennya untuk terus berkontribusi menciptakan masyarakat berkelanjutan dengan bekerja sama dengan pelanggan demi kemaslahatan bumi dan masa depan. 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan kesempatan untuk menjelaskan SDGs, tujuan bersama komunitas internasional, Vietnam, Kamboja dan Indonesia, tiga negara ASEAN tempat Avon Mall beroperasi. ‘Aktivitas’,” jelas Kimura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *