Ilmuwan Temukan Planet Menakjubkan di Dekat Bumi

Chile, VIVA – Sebuah planet baru bernama Barnard telah ditemukan di sekitar bintang terdekat kedua dengan Bumi, yakni bintang Barnard. Penemuan ini dilakukan melalui Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory yang berlokasi di Chile.

Barnard b memiliki massa setidaknya setengah massa Venus dan mengorbit bintangnya hanya dalam waktu tiga hari Bumi, lapor The Independent pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Bahkan jika planet ini ditemukan, kemungkinan ada tiga planet lain yang menunggu untuk ditemukan di sekitar bintang tersebut.

Bintang Barnard terletak enam tahun cahaya dari Bumi dan merupakan sistem bintang terdekat kedua setelah konstelasi Alpha Centauri.

Karena jaraknya yang sangat dekat, Barnard menjadi target utama dalam pencarian exoplanet mirip Bumi. Saat ini, belum ada planet yang dikonfirmasi secara resmi mengorbit bintang Barnard.

Johnny Gonzalez Hernandez, peneliti di Instituto de Astropisica de Canarias di Spanyol dan penulis utama makalah tentang penemuan tersebut, mengatakan: “Meskipun membutuhkan waktu lama, kami selalu yakin dapat menemukan sesuatu.”

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mencari sinyal dari kemungkinan planet yang berada di zona layak huni, yaitu wilayah di mana air cair bisa ada di Bumi. 

Barnard b berjarak dua puluh kali lebih dekat ke bintangnya dibandingkan jarak Merkurius ke Matahari, dan suhu permukaan planet ini diperkirakan sekitar 125 derajat Celsius.

Meskipun Barnard b adalah salah satu planet ekstrasurya bermassa paling rendah yang pernah diketahui, serta bermassa lebih kecil dari Bumi, ia terlalu dekat dengan bintangnya untuk mendukung keberadaan air dalam bentuk cair. 

“Meskipun bintang ini sekitar 2.500 derajat lebih dingin dari Matahari kita, suhu di sana terlalu panas untuk mendukung keberadaan air cair di permukaannya,” kata Mr. Gonzalez Hernandez

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Astronomy and Astrophysics dan merupakan hasil observasi yang dilakukan selama lima tahun terakhir dengan VLT di Parnell Observatory. 

Penemuan Bernard B menambah pemahaman kita tentang exoplanet dan kemungkinan adanya planet lain yang menunggu untuk ditemukan di sekitar bintang terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *