Keren! Polisi Ini Sulap Motor Dinasnya Jadi Bengkel Keliling untuk Bantu Kendaraan Mogok

Jakarta, VIVA  –  Peran polisi dalam melayani masyarakat sangat dirasakan warga di Desa Lawela dan Desa Lawela Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasalnya Brigadir Yusrin Zafaruddin selaku Bhabinkamtibmas membuat laboratorium keliling.

Inovasi unik ini akan membantu warga yang mobilnya terjatuh di jalan. Sejak tahun 2023, mesin resminya telah disulap menjadi bengkel keliling yang dilengkapi peralatan mekanik, siap digunakan saat warga membutuhkan pertolongan di jalan.

Brigadir Yusrin yang bertugas di Lawela sejak 2017 menggagas inovasi ini setelah melihat banyak warga yang kesulitan saat kendaraannya ditabrak. Saat pulang dari Kota Baubau yang berjarak 30 kilometer dari Lawela.

“Setiap saya bepergian, saya sering melihat warga yang mobilnya rusak, sehingga saya berpikir untuk membantu mereka dengan peralatan sederhana yang saya bawa,” ujarnya, seperti dikutip dari laman Humas Polri, Kamis, 3 Oktober 2024.

Program yang diberi nama Beliling Presisi ini telah membantu sekitar 20 kendaraan, baik roda dua maupun empat. Permasalahan yang sering dihadapi warga adalah sistem pengapian dan ban kempes. Apabila perbaikan di lokasi tidak memungkinkan, Brigadir Yusrin akan membantu mencarikan bengkel terdekat atau memastikan mobil sampai di rumah dengan selamat.

Selain membantu kendaraan yang mogok, anggota brimob Yusrin juga kerap turun tangan menyelesaikan permasalahan kelistrikan di rumah-rumah warga, seperti mengganti lampu yang rusak atau memperbaiki sistem yang rusak.

Untuk menunjang kegiatannya, Brigadir Yusrin Bhabinkamtibmas menggunakan dana dukungan operasional untuk melengkapi sepeda motor dinasnya dengan peralatan mekanik.

“Saya mengundurkan diri dari duk ops Bhabinkamtibmas agar bisa terus membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Inovasi Beliling Presisi ini mendapat apresiasi dari Polda Sultra dan ditampilkan dalam program Hoegeng Corner sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi Brigadir Yusrin dalam melayani masyarakat di wilayah perbatasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *