Pendaftar QR Code Buat Beli BBM Subsidi Pertalite Sudah Tembus 5,5 Juta Kendaraan

Jakarta, VIVA –  Pembelian BBM bersubsidi seperti Pertalite kini harus memiliki kode QR untuk sasaran penyalurannya. PT Pertamina Patra Niaga mencatat pada 1 Oktober 2024, jumlah pendaftar dengan kode cepat tanggap mencapai 5.515.878 kendaraan.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Happy Wulansari dalam keterangannya di Jakarta mengatakan, pihaknya akan terus memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite, untuk mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan kode QR.

Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari program subsidi yang ditargetkan pemerintah, kata Happy dikutip Antara, Kamis, 3 Oktober 2024.

Menurut dia, kode QR tersebut melekat pada kendaraan, sehingga dalam satu kendaraan hanya terdapat satu kode QR sesuai dokumen STNK milik masing-masing kendaraan. Oleh karena itu, integritas kode QR harus dijaga.

“Kode QR ini akan terus kami promosikan dan tingkatkan pendaftarannya, apalagi saat ini verifikasi lebih cepat. Kami mendorong privasi agar kode QR ini tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Happy.

Kode QR yang digunakan akan digunakan oleh Pertamina Patra Niaga untuk mencatat transaksi BBM tujuan dengan lebih baik dan transparan, dengan mempertimbangkan anggaran kompensasi yang diberikan pemerintah untuk produk Pertalite.

Oleh karena itu, Pertamina selaku operator wajib melaporkan volume transaksi BBM bersubsidi yang disetujui konsumen dan otoritas regulasi atau BPH Migas.

Saat ini lokasi sasaran QR Pertalite adalah wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali), serta beberapa wilayah di luar Jamali, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan NTT.

Happy menambahkan, kegiatan sosialisasi di berbagai daerah terus dilakukan dan registrasi QR Pertalite masih dibuka di website https://subsiditepat.mypertamina.id, termasuk surat kendaraan lengkap yaitu KTP, STNK dan foto samping kendaraan. tampilan yang menunjukkan jumlah ban dan nomor kendaraan.

“Pendaftar yang membutuhkan bantuan pendaftaran dapat mendatangi SPBU terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari petugas. Petugas SPBU siap membantu menjelaskan dan memandu langkah pendaftaran sehingga masyarakat bisa mendapatkan kode QR lebih cepat dan lancar,” ujarnya.

Untuk pendaftaran dan informasi mengenai program subsidi khusus QR Pertalite, masyarakat dapat mengunjungi website https://subsiditepat.mypertamina.id atau menghubungi Call Center (PCC) Pertamina di 135.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *