Cara Mudah Menghemat Listrik Rumah Tangga

JAKARTA, VIVA – Memilih lemari es yang tepat dapat membantu keluarga Indonesia menghemat energi sekaligus mengendalikan tagihan listrik. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan merawat lemari es agar hemat penggunaan listriknya.

Pertama, pertimbangkan untuk memilih kulkas dengan teknologi inverter. Teknologi ini menghemat energi hingga 30 persen. Pendingin inverter seperti produk Aqua menggunakan kompresor dan motor kipas yang lebih efisien.

“Teknologi dual inverter menghemat energi dan mengurangi kebisingan,” kata Miriano Ullman, Kepala Departemen Perencanaan Produk Aqua Electronica Indonesia, seperti dikutip dalam pengumuman resmi.

Kedua, penting untuk memilih ukuran kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kulkas yang terlalu besar atau terlalu penuh dengan terlalu banyak ruang kosong memerlukan lebih banyak energi.

“Kulkas yang lengkap lebih baik karena kompresor tidak harus sering dihidupkan dan dimatikan, sehingga memperpanjang umur kompresor dan mengurangi biaya pengoperasian,” tambah Miriano.

Selain itu, pengatur suhu juga memegang peranan penting. Pastikan suhu lemari es diatur pada 3°C dan freezer pada -18°C untuk kinerja optimal. Jangan lupa simpan kulkas di tempat yang teduh agar tidak bekerja berlebihan, apalagi jika terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti tidak sering membuka pintu lemari es dan tidak memasukkan makanan panas ke dalamnya juga dapat mengurangi konsumsi energi.

“Terlalu sering membuka pintu lemari es menyebabkan mesin menjadi dingin kembali sehingga mengakibatkan konsumsi energi lebih tinggi,” jelasnya.

Sekadar informasi, Aqua Elektronik baru-baru ini meluncurkan kulkas dua pintu yang menggunakan teknologi canggih terbaik yaitu freezer besar, hemat energi, dan turbocooling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *