Pakai Mobil di Musim Hujan Perlu Tahu Ini, Salah Satunya Jangan Nyalakan Hazard

VIVA – Musim hujan telah tiba, beberapa wilayah di Jabodetabek dan banyak wilayah lainnya di Indonesia belakangan ini diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi. Kondisi ini membuat jalanan menjadi dingin.

Kondisi jalan yang dingin menjadi kekhawatiran utama bagi pengguna kendaraan, termasuk masalah keselamatan berkendara.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen mobil Daihatsu di Indonesia pernah berbagi tips menghadapi musim hujan khususnya bagi Anda yang berkendara. Ada tiga hal penting yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Persiapkan diri Anda

Pastikan kesehatan fisik Anda tetap terjaga, karena ini merupakan aspek penting dalam aktivitas Anda, terutama saat berkendara.

Bawalah payung di dalam mobil Anda, karena tempat tujuan Anda tidak selalu memiliki penutup atap, sehingga Anda dapat melindungi diri dari hujan saat keluar dari mobil.

Minum atau kenakan pakaian hangat saat mengemudi. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa memasukkan sepasang sepatu atau boots ke dalam mobil.

2. Persiapan kendaraan

Periksa kondisi ban, segera ganti jika ban sudah tipis. Tekanan ban yang baik dapat mengurangi risiko terjadinya hydroplaning dan tergelincir saat hujan.

Periksa kondisi wiper blade, komponen ini penting dalam menghilangkan air dan menjaga jarak pandang saat berkendara. Periksa komponen ini secara berkala dan ganti dengan yang baru di bengkel resmi jika sudah rapuh dan penerimaannya kurang bersih.

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas yang baik bagi teman dan pengemudi lainnya.

3. Gaya mengemudi

Nyalakan lampu saat hujan, karena jarak pandang di jalan berkurang, sehingga lampu kendaraan Anda dapat membantu dan memberikan peringatan kepada pengemudi di sekitar.

Selalu menjaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver mendadak yang dilakukan pengemudi lain, terutama saat menghindari genangan air, jalan rusak, dan hambatan luar lainnya.

Jangan menyalakan lampu hazard saat berkendara, karena dapat mengalihkan perhatian Anda dan menyulitkan pengemudi lain untuk melihat, terutama pengemudi di belakang Anda, yang dapat mengurangi sensitivitasnya saat Anda melambat dan berbelok atau berbelok.

Sementara jika menemui jalan yang terendam banjir dan harus melintas, pengendara tidak perlu panik dan tetap tenang. Bagi pengguna mobil bertransmisi manual, usahakan menggunakan gigi yang lebih rendah dan jaga rpm tetap stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *