Pengakuan Mengejutkan Vietnam soal Naturalisasi Timnas Indonesia

VIVA – Vietnam akhirnya mengakui bahwa program naturalisasi membuat timnas Indonesia menjadi lebih baik. Pemilihan pemain asal Eropa membuat tim Garuda semakin kuat.

Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Tran Anh mengatakan Indonesia memiliki sumber daya yang kuat.

Keberhasilan Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak lepas dari keberhasilan Timnas Indonesia memadukan pemain naturalisasi dan lokal.

“Indonesia memiliki kebijakan naturalisasi yang terbuka dan memobilisasi sumber daya yang sangat kuat dari pemain yang bermain di Eropa,” kata Tran An, dilansir VNExpress.

“Saat ini hanya ada satu hingga dua pemain murni Indonesia yang masuk starting lineup setiap pertandingan, selebihnya asal Belanda.

Kebijakan naturalisasi pemain efektif membantu Indonesia tampil perdana di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, lanjutnya.

Lebih lanjut, Tran An Thu juga menilai Thailand akan kesulitan untuk melawan timnas Indonesia saat ini.

Meski demikian, Tran An Thu tak mau meniru langkah timnas Indonesia. Menurutnya, setiap negara punya caranya masing-masing untuk membuat sepak bola semakin kuat.

“Yang jelas kualitas tim naturalisasi Indonesia telah mengubah keseimbangan kekuatan dibandingkan tim lain di kawasan. Tidak hanya Vietnam, Thailand juga banyak kesulitan dengan Indonesia saat ini,” ujarnya.

“Namun setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, kita tidak bisa menstereotipkan tindakan negara lain terhadap Vietnam,” kata Tran An Thu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *