Cara Menurunkan Berat Badan Hanya dari Jalan Kaki 30 Menit, Bisa Bakar Berapa Kalori?

Jakarta, VIVA – Tahukah Anda bahwa jalan kaki 30 menit sehari merupakan cara efektif menurunkan berat badan? Ya, dengan berjalan kaki minimal lima hari dalam seminggu, aktivitas fisik sederhana ini bisa membantu Anda membakar kalori dan berkontribusi dalam program penurunan berat badan. 

Namun, jumlah berat badan yang bisa Anda turunkan bergantung pada beberapa faktor. Namun? Klik untuk membaca informasi lebih lanjut, ayo!

Menurut Medicine Net, faktor-faktor tersebut antara lain kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh setiap hari, apakah jalannya datar atau menanjak, dan makanan yang Anda makan. Jadi, kira-kira berapa banyak kalori yang Anda bakar dengan berjalan kaki selama 30 menit?

Jika Anda menambahkan jalan cepat selama 30 menit setiap hari, Anda dapat membakar lebih dari 100 kalori sehari. Untuk hasil terbaik, coba tambahkan 5 menit jogging ringan setiap 15 menit berjalan kaki. 

Dengan menggabungkan olahraga teratur dan membatasi asupan kalori, Anda bisa menurunkan 0,5 hingga 1 kilogram per minggu. Namun, sebelum memulai program penurunan berat badan, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, ahli gizi, atau pelatih kebugaran, terutama jika Anda memiliki kondisi medis seperti penyakit jantung.

1. Durasi

Jalan cepat selama 30 menit dapat menempuh jarak sekitar 2 hingga 3 kilometer. Jalan kaki termasuk dalam kategori olahraga intensitas sedang, jadi sebaiknya jalan kaki antara 30 hingga 90 menit sehari, dengan total minimal 150 menit seminggu untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Jika Anda baru memulai, ada baiknya memulai dengan jalan kaki 10 menit setiap hari dan secara bertahap tingkatkan durasinya.

2. Kecepatan

Kecepatan berjalan sebaiknya cukup cepat agar detak jantung mencapai 70 persen dari detak jantung maksimal. Anda akan merasakan pernapasan Anda lebih berat dari biasanya. Untuk memantau intensitas olahraga Anda, Anda bisa menggunakan gelang fitnes yang dapat mengukur detak jantung Anda dan memastikan Anda berada pada tingkat intensitas yang tepat.

3. Keberlanjutan

Untuk menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan Anda, konsistensi adalah kuncinya. Jangan melewatkan lari lebih dari satu hari berturut-turut. Pada hari-hari Anda tidak bisa berjalan, cobalah latihan kekuatan atau lompat tali di rumah. 

Latihan ketahanan efektif untuk menurunkan berat badan karena membantu pembentukan otot yang mampu membakar lebih banyak kalori. Lompat tali atau aktivitas aerobik lainnya juga dapat membakar kalori 2-3 kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah waktu yang sama.

Berikut cara menurunkan berat badan sambil berjalan. Selamat pagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *