Terpilih Kembali Secara Aklamasi, Budi Gunawan Siap Lanjutkan Capaian Prestasi  PB ESI

VIVA, Jakarta – Direktur Badan Intelijen Negara (BIN), Kapolri (Purn), Profesor Budi Gunawan, Ph.D., S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M PB digelar di Hotel Intercontinental Terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) periode 2024-2029 pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ESI.

Dalam sambutannya, Budi Gunawan menyampaikan bahwa selama masa kepengurusan PB ESI tahun 2020 hingga 2024, sederet prestasi telah diraih oleh para atlet e-sports Indonesia di kancah internasional, seperti SEA Games Vietnam 2021 dan SEA Games Kamboja. 2023.​

“Pada dua ajang ini, tim eSports Indonesia menyumbangkan total lima medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu,” ujarnya.

Budi Gunawan juga menyoroti bahwa esports kini menjadi fenomena global yang berkembang pesat, dengan jumlah penonton lebih dari 577 juta pada tahun 2024.

“Esports tidak lagi dipandang sebagai sekedar permainan, namun sebagai olahraga yang menawarkan peluang karir yang menjanjikan sekaligus menciptakan prestasi internasional,” kata Budi.

Budi juga menjelaskan bahwa di bawah kepemimpinannya, PB ESI berhasil membentuk ekosistem yang kuat, seperti Undang-Undang Olahraga Nomor 11 Tahun 2022 yang mengakui esports sebagai olahraga prestasi.​

“Kami juga sukses menyelenggarakan beberapa turnamen esports dalam dan luar negeri, antara lain Piala KONI, Liga Esports Nasional, serta ajang internasional seperti IESF World Championship 2022 di Bali yang mana Indonesia tidak hanya menjadi juara umum tetapi juga menjadi tuan rumah. . Luar biasa “. tambah Budi.

Budi Gunawan juga berharap agar pimpinan PB ESI terus berupaya meraih lebih banyak prestasi internasional di periode mendatang, serta mendukung pengembangan permainan lokal seperti “Lokapala” dan “War of the Guardians”.

Bersamaan dengan itu, Wakil Ketua III KONI yang hadir mewakili Ketua KONI, Mayjen TNI Purn Andri Sutarno, juga menyampaikan terima kasih kepada PB ESI dan Budi Gunawan atas kontribusinya yang besar terhadap perkembangan e-sports di Indonesia. “Esports mencatatkan sejarah baru di PON Aceh Sumut 2024 dengan memperebutkan medali di ajang olahraga terbesar nasional tersebut. Ini menjadi bukti nyata kiprah esports di bawah kepemimpinan Budi Gunawan yang patut untuk dilanjutkan,” kata An Derry.

Di tempat yang sama, Dr Hamka Hendra Noer, pakar budaya olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, juga mengungkapkan keyakinannya bahwa di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, e-sports Indonesia akan semakin berkembang. lebih sukses.​

“Kami berharap PB ESI terus mengukir prestasi gemilang di bawah kepemimpinan Budi Gunawan dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujarnya.

Dengan terpilihnya kembali Budi Gunawan sebagai Ketua Umum PB ESI, diharapkan perkembangan e-sports di Indonesia semakin pesat, mengharumkan nama negara di kancah internasional dan mengharumkan nama seluruh masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *