Inovasi Digital dari Indonesia Siap Mengguncang Dunia

Jakarta, VIVA – Survei Asian Development Bank (ADB) dan LinkedIn menunjukkan bahwa 75 persen pengusaha di empat negara Asia-Pasifik semakin membutuhkan karyawan baru dengan keterampilan digital tingkat lanjut, seperti desain digital, analisis data, ilmu data, dan mesin. pembelajaran, untuk program dalam lima tahun terakhir.

Sejalan dengan semakin besarnya kebutuhan akan keterampilan digital di dunia kerja, Telkomsel baru saja menyelenggarakan IndonesiaNEXT musim ke-8.

Mengusung tema “Upskill to Innovation”, program ini dirancang untuk membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital yang relevan dan mendorong mereka menjadi teknolog yang siap menciptakan inovasi berkelanjutan yang dapat memperkuat ekosistem digital.

“Program ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di berbagai sektor sehingga menciptakan lebih banyak peluang untuk bersaing secara internasional,” kata Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, Senin, 7 Oktober 2024.

Menurutnya, kekuatan program ini terletak pada pendekatan holistik yang tidak hanya membekali peserta dengan keterampilan teknologi, namun juga menginspirasi mereka untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan menciptakan solusi yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan tantangan masa depan.

Di antara ribuan peserta yang terlibat sejak awal musim ini, terpilih 31 siswa untuk membentuk 11 tim yang menjalani pelatihan intensif melalui MVP Bootcamp, dimana mereka lebih ditingkatkan dalam manajemen SCRUM, komunikasi penuh kasih dan desain layanan yang inovatif.

Mereka kemudian diberi kesempatan untuk mempresentasikan kreasi digitalnya di hadapan panel juri yang terdiri dari pakar industri dan konsultan pada sesi NEXT Pitching di konferensi IndonesiaNEXT.

Sebanyak 8 siswa yang terbagi dalam 3 tim teratas berhasil lolos ke tahap akhir untuk mempresentasikan kreasi digitalnya pada sesi orientasi akhir berikutnya, sedangkan 3 siswa teratas berhak mendapatkan dukungan dana pendidikan dan pertandingan hub digital dalam negeri. Singapura.

Para talenta digital ini telah membuktikan potensinya dan menunjukkan potensi besar untuk membawa perubahan di masa depan dengan menjanjikan proposal inovasi digital di berbagai sektor untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.

Pada sesi pemaparan akhir selanjutnya dipilih peserta terbaik Taufiq Ashari Ramadhan (Telkom University), Andika Dwi Setya Nugraha (Universitas Brawijaya) dan Ayu Syifa Rohmah (Universitas Negeri Yogyakarta).

Sementara Nanda Indriana (Sampoerna University), Novita Anggraeni (Universitas Kadiri), Dewi Fitradano Adam (Universitas Yapis Papua), Ari Handoko (IPB University) dan Siska (Universitas Buddhi Dharma) menempati posisi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *