Pasangan Cagub Ridwan Kamil dan Suswono Pakai Mobil Listrik Langka

VIVA – Debat pertama antara calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta digelar di JIEexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun mobil yang digunakan salah satu pasangan calon menjadi pemandangan yang menarik.

Salah satunya pasangan Ridwan Kamil dan Suswono yang menggunakan mobil listrik premium untuk mengikuti debat yang digelar kemarin, Minggu 6 Oktober 2024.

Melalui tayangan ulang TVOne, calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil terlihat mengendarai Kia EV9 berwarna hitam, sedangkan Wakil Gubernur Suswono keluar dengan mobil listrik langka yakni Maxus Mifa 9.

Maxus Mifa 9 jarang terlihat di jalanan karena masih merupakan produk baru dan kedua pabrikan tersebut ingin menjualnya di Indonesia dengan memperkenalkannya di pameran mobil.

Indomobil Group pertama kali memperkenalkan MPV Stun Gun di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS ICE BSD di Tangerang pada Agustus 2023.

Karena saat itu belum terjual, akhirnya pada pameran IIMS 2024 yang digelar di Indonesia International Motor Show atau JIEexpo Kemayoran pada Februari 2024, Morris Garage atau MG Motors juga memperkenalkan mobil serupa.

Bahkan, jaringan diler membuka pintu pemesanan mobil MPV elektrik mewah tersebut hingga saat ini Indomobil mengonfirmasi legalitas penjualan merek Maxus di Indonesia.

Meski secara global, MG atau Maxus masih satu payung dengan Wuling yakni SAIC. Tak heran, MG Motors Indonesia merasa tepat menawarkan MPV mewah ramah lingkungan tersebut.

Dilengkapi dengan baterai lithium-ion 90 kWh dan ukurannya cukup besar. Bahkan, berdasarkan pengujian NEDC, mampu menempuh jarak 540 km dengan baterai penuh. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya?

Jika menggunakan arus searah atau AC 11 kW, waktu pengisian baterai dari 30% hingga 80% adalah 8,5 jam, namun jika menggunakan arus searah atau arus searah hanya 36 menit, namun pada tegangan yang lebih tinggi.

Sementara sumber tenaga utama motor atau dinamo listriknya sebesar 180 kW atau setara 241 hp dan torsi 350 Nm untuk menggerakkan roda depan.

Berbeda dengan Kia EV9 yang dikendarai Ridwan Kamil. PT Kreta Indo Arta (KIA) resmi menjual SUV listrik Rp 1,5 miliar dengan impor penuh dari Korea Selatan.

SUV listrik tersebut dibekali baterai 76,1 kWh untuk versi penggerak roda belakang yang terbagi menjadi tipe standar dan jarak jauh.

Khusus penggerak empat roda hanya tersedia tipe Long Range dengan kapasitas baterai hingga 99,8 kWh.

Dari segi ketahanan, keterangannya hanya berlaku untuk penggerak roda belakang, berdasarkan data prosedur pengujian WLTP (World Harmonized Light Vehicle Test Procedure), jarak baterai penuh hingga kosong bisa 541 km, jika lampu 19 inci velg yang digunakan.

Dengan sistem pengisian ultra cepat 800 volt, baterai kendaraan dapat diisi dengan energi yang sangat besar sehingga kendaraan dapat melaju sejauh 239 km, dalam waktu sekitar 15 menit.

Tenaga yang dihasilkan dinamo tipe penggerak roda belakang jarak jauh ini sebesar 150 kW atau setara 201 hp dan torsi maksimal 350 Nm. Ia beralih dari posisi diam hingga 100 kilometer per jam (km/jam) dalam 9,4 detik.

Lebih Keren Mana, Mobil Listrik Milik Suswono yang Jumlah Penduduknya Sedikit di Indonesia atau Milik Ridwan Kamil?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *