Motor Ini Bisa Jadi Pilihan Orang Kaya yang Ogah Beli Honda dan Kawasaki

VIVA – Honda dan Kawasaki menawarkan road bike dengan fitur berbeda. Namun untuk pasar Indonesia, kisaran sepeda motor yang ditawarkan Honda sangat terbatas.

Bukan untuk sepeda motor balap atau khusus, melainkan sepeda motor touring yang ditawarkan Honda hanya untuk penghobi off-road atau balap. Berbeda dengan Kawasaki dan Yamaha yang punya mesin khusus.

Sepeda motor trail balap memiliki penyetelan mesin yang berbeda, struktur sasis, dan undercarriage yang lebih efisien. Jadi harganya lebih mahal dibandingkan Honda CRF atau Kawasaki KLX.

Kawasaki tercatat memiliki 7 model motorcross dengan kategori mesin tertentu, dan kelas tertinggi motor semen atau full size cross adalah KX250X dan KX450X. Sayangnya, di situs resminya, harga model ini dirahasiakan.

Kemudian brand asal Jepang lainnya yang menawarkan produk serupa adalah Yamaha yang memiliki 4 model yaitu YZ125X dibanderol Rp 97 jutaan dan YZ250F Rp 129 jutaan. Artinya, kapasitas mesin versi empat tak lebih rendah dibandingkan Green Gang.

Meski di Indonesia Kawasaki belum memiliki pesaing serupa di kelas KX450X, namun di negara lain motor cross tersebut kini memiliki pesaing yakni Triumph TF 450-RC.

Triumph Motorcycles, produsen sepeda motor on-road pertama, mulai bermain di segmen sepeda motor off-road, dengan TF 450-RC mulai dijual pada Februari 2025.

Artinya, sepeda motor trail kini menjadi pilihan baru bagi orang-orang kaya yang tidak tertarik membeli motorcrosser Honda, khususnya Kawasaki untuk keperluan balap atau hobi.

Menurut Pautan.org, Triumph TF 450-RC akan dibanderol dengan harga 10.695 poundsterling atau sekitar Rp 220 jutaan. Akronim RC berasal dari nama juara balap motorcross American Motorcycle Association 15 kali, Ricky Carmichael.

Inti dari mobil ini adalah mesin bensin SOHC empat silinder tunggal 449,5 cc yang langka. Dan cairan itu membeku. Tenaganya disalurkan melalui kopling manual 5 percepatan dan quick-shifter.

Tangki bahan bakarnya berkapasitas 7 liter, dan bobot motor ini 108,6 kg. Undercarriage, suspensi depan KYB dengan diameter tabung 48mm, dan wheelbase 310mm.

Monoshock belakang juga dibuat oleh KYB dan dapat diatur sesuai kebutuhan, seperti pengaturan kompresi, rebound dan beban, shock memiliki travel 305 mm.

Sistem Pengereman Triumph TF 450-RC memiliki kaliper depan Brembo twin-piston dengan cakram gaffer 260mm dan kaliper piston tunggal dengan cakram 220mm di bagian belakang.

Dengan pelek DDD DirtStar spoke, lebar 21 inci kali 1,6 inci dibalut ban ganda 80/100 di depan dan lebar 19 inci kali 2,15 inci dengan ban 110/90 di belakang. Sepeda motor ini juga sangat tinggi, jarak jok ke tanah 960 mm, RI sepertinya orang dengan tinggi rata-rata bisa berdiri berjinjit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *